Tiba di Thailand, Gotabaya Rajapaksa akan Menetap Sementara

Forumterkininews.id, Bangkok – Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa tiba di Thailand Kamis (11/8). Saat dirinya mencari perlindungan sementara di negara kedua di Asia Tenggara.

Melansir Reuters, Rajapaksa tiba di bandara Don Mueang Bangkok dengan penerbangan sewaan dari Singapura setelah Otoritas Imigrasi & Pos Pemeriksaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia telah meninggalkan Singapura.

Rajapaksa diperkirakan tinggal di Thailand setelah melarikan diri dari Sri Lanka ke Singapura pada 14 Juli.

Dia mengundurkan diri dari jabatannya tak lama setelah kerusuhan terjadi. Para Demonstran berhasil masuk istana dan berlibur di kediaman Presiden tersebut.

Pihak berwenang Thailand mengatakan mantan kepala negara Sri Lanka pertama yang mengundurkan diri di tengah masa jabatan itu tidak berniat mencari suaka politik. Rajapaksa hanya akan tinggal sementara.

“Ini adalah masalah kemanusiaan. Sudah ada kesepakatan bahwa ini adalah tempat tinggal sementara,” kata Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha kepada wartawan, Rabu (10/8).

Ia menambahkan, Rajapaksa tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan politik apa pun selama berada di Thailand.

Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai mengatakan bahwa pemerintah Sri Lanka mendukung perjalanan Rajapaksa ke Thailand, menambahkan bahwa paspor diplomatik mantan presiden akan memungkinkan dia untuk tinggal selama 90 hari.

Artikel Terkait