Tidak Lagi Eksklusif, Kini Taman Semanggi Bisa Dinikmati Pesepeda dan Pejalan Kaki

Forumterkininews.id, Jakarta – Kawasan taman Semanggi yang berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman kini bisa dinikmati seluruh warga ibu kota. Sebelumnya, taman ini hanya menjadi taman hiasan yang bisa dilihat oleh pengendara mobil. Pasalnya hanya mobil yang bisa melintas di kawasan ini. Namun paradigma tersebut berakhir setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama jajarannya  meresmikan sarana dan prasarana untuk pejalan kaki dan pesepeda di area Taman Semanggi, Rabu (12/10).

Dalam sambutannya Anies mengatakan, kawasan Semanggi menjadi unik, karena ada sebuah taman yang hijau, rindang, dan teduh. Di sisi lain, selama berdekade-dekade konsepnya adalah hanya untuk dilewati kendaraan bermotor.

Berpuluh tahun bagi pejalan kaki dari sudut ke sudut lain itu tidak bisa lalu lalang dengan leluasa. Begitu juga pesepeda. Ini yang kemudian dibangun trotoarnya. Sehingga, Jalan Jendral Sudirman bukan saja untuk kendaraan bermotor.

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta sejauh ini telah menuntaskan pembangunan jalur trotoar di Jalan Jenderal Sudirman serta jalur sepeda. Rinciannya adalah lebih dari 240 kilometer jalur trotoar, serta lebih dari 100 kilometer jalur sepeda di seluruh Jakarta.

“Jadi (pembangunan trotoar dan jalur sepeda) bukan hanya di kawasan pusat Jakarta saja. Tapi di berbagai wilayah.

Menghadirkan Pengalaman Baik

Selain itu, Gubernur Anies pun menjelaskan saat ini di kawasan Semanggi bisa menghadirkan pengalaman, karena tidak hanya bisa dilewati, tapi juga dinikmati pejalan kaki. Bahkan, pengguna sepeda bisa beraktivitas di sekitar Jalan Jenderal Sudirman sembari menyambung perjalanan ke kawasan lain di Jakarta.

Ini menjadi pesan kepada warga Jakarta. Ketika membangun fasilitas mobilitas itu harus lengkap dengan fasilitas pejalan kaki, pesepeda, kendaraan umum, dan kendaraan pribadi.

BACA JUGA:   Pesan Jokowi ke Kelompok Milenial Aceh: Manfaatkan Semua Peluang, Jangan Pesimis

“Alhamdulillah, kawasan ini sudah menjadi lengkap. Selain itu, tempat ini hijau, nyaman, dan unik, karena di pusatnya Jakarta. Lalu, di sini adalah tempat di mana banyak gedung pencakar langit. Tidak ada jalan lain di Indonesia yang selebar dan memiliki gedung pencakar langit sebanyak Jalan Jenderal Sudirman,” jelas Gubernur Anies.

“Kami ingin perjalanan menjadi pengalaman, sehingga memberikan kesan, dan merangsang interaksi antarwarga secara langsung di tempat ini. Kenapa kita mau swafoto di sini? Karena, kita merasa ingin berbagi apa yang kita lihat kepada orang lain. Karena itu, kita foto, kita share. Kita ingin orang lain merasakan apa yang kita rasakan. Kenapa kita melakukan itu? Karena, ada pengalaman baru,” ucap Kandidat Capres dari Partai NasDem ini.

Artikel Terkait