Tiga Juta Warga Ukraina Menjadi Pengungsi di Berbagai Negara

Forumterkininews.id, Kiev– Lebih dari 3 Juta warga Ukraina melarikan diri ke luar negeri ketika invasi Rusia ke negara itu memasuki minggu ketiga.

Badan Pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan, sekitar 3.000.381 orang sejauh ini telah meninggalkan Ukraina, dan menyebut angka itu kemungkinan akan meningkat.

Setelah serangan Rusia di pangkalan militer Yavoriv dekat Lviv, beberapa orang Ukraina barat kini bergabung dengan arus pengungsi melintasi perbatasan.

“Semua orang menganggap Ukraina Barat cukup aman sampai mereka mulai menyerang Lviv,” kata Zhanna, 40, seorang ibu dari Kharkiv, yang sedang menuju ke Polandia, dikutip CNA, Rabu (16/3).

Sebagian besar pengungsi berada di negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina yakni Polandia, Slovakia, Hongaria, Rumania dan Moldova.

Tetapi sejumlah besar pengungsi mulai bergerak lebih jauh ke barat, dengan 300.000 orang telah pergi sejauh ini ke Eropa Barat.

Pengungsi ini paling banyak ditampung Polandia dengan jumlah mencapai 1,7 juta pengungsi. Selanjutnya Hungaria 255.000, Slovakia 205.000, dan Moldova 107.000 pengungsi.

Untuk kawasan Eropa Barat, seperti Prancis menerima 7.251 pengungsi.

Artikel Terkait