Tiga Pemimpin Eropa Nekat Datang ke Ukraina di Tengah Konflik

Forumterkininews.id, Kiev – Tiga pemimpin Eropa melakukan perjalanan panjang dan berbahaya menggunakan kereta api dari Polandia menuju Kiev untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina.

Ketiga pemimpin Eropa itu adalah Perdana menteri Polandia, Slovenia dan Republik Ceko. Mereka bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Selasa (15/3) malam.

Dalam pertemuan itu, Pemimpin Ceko mengatakan kepada Ukraina bahwa mereka tidak sendirian. Sementara itu, Polandia mengatakan bahwa Eropa tidak akan pernah sama jika kehilangan Ukraina. Zelenskyy menanggapi kunjungan para kepala negara itu dengan mengucapkan terima kasih.

“Kunjungan anda adalah ekspresi dukungan yang kuat untuk Ukraina,” ujar Zelenskyy dikutip BBC.

Zelenskyy sebelumnya telah berulang kali meminta NATO untuk memberlakukan zona larangan terbang di wilayah udara negaranya, tetapi NATO menolak.

Terkait hal ini, Kanselir Jerman Olaf Scholz menyambut baik pertemuan tersebut. Dirinya menilai kedatangan tiga pimpinan negara Eropa tersebut merupakan bantuan dalam cara yang berbeda.

Scholz mengatakan komunitas internasional mengikuti strategi politik yang jelas untuk membantu Ukraina. Dia menambahkan, sangat penting untuk melanjutkan diskusi dengan Zelensky, tetapi juga dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Tujuannya agar terjadi gencatan senjata.

“Kita semua terlibat dalam cara yang berbeda, dan begitulah seharusnya,” katanya.

Artikel Terkait