Timor Leste Berharap Bisa Gabung ASEAN Tahun Depan

Forumterkininews.id, Jakarta – Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta berharap  bisa meningkatkan hubungan perdagangan antara negara-negara. Dirinya juga berharap negara yang dipimpinnya bisa bergabung dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun depan.

Melansir Reuters, hal itu disampaikan Ramos-Horta saat bertemu Presiden  Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa (19/7). Pertemuan itu sekaligus menjadi kunjungan kenegaraan pertamanya ke Indonesia sejak ia terpilih pada bulan April.

“Timor Leste sebagai bagian dari Asia Tenggara telah memenuhi banyak persyaratan yang diperlukan. Baik dari segi ekonomi dan demokrasi. Dengan demikian Timor Leste akan menjadi anggota ASEAN yang produktif,” katanya, seraya berharap negaranya dapat bergabung ke ASEAN ketika Indonesia menjadi presiden tahun depan.

Timor Leste yang mengajukan keanggotaan ASEAN pada 2011 saat ini berstatus pengamat.

Ramos-Horta, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas upaya damainya untuk mengakhiri konflik, mengatakan dia menyambut baik hubungan perdagangan yang lebih dalam dengan Indonesia dan komitmen Indonesia untuk Timor Leste bergabung dengan kelompok regional ASEAN yang beranggotakan 10 orang.

Artikel Terkait