Timor Leste Minta Dukungan DPR untuk Gabung ASEAN

Forumterkininews.id, Jakarta – Timor Leste meminta dukungan DPR RI untuk bisa bergabung menjadi anggota ASEAN. Permintaan itu diutarakan bersamaan dengan Indonesia yang akan menjadi ketua ASEAN tahun depan.

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyampaikan bahwa  Indonesia selalu memberikan dukungan terhadap Timor Leste, apalagi kedua negara memiliki keterkaitan secara historis. 

“Kita berharap negara tetangga yang juga dulu pernah menjadi bagian dari kita menjadi bagian dari ASEAN, saya kira itu akan mewarnai kawasan,” tutur Fadli usai menerima kunjungan delegasi Timor Leste pada Selasa (23/8).

Selain itu kata Fadli, masih adanya resistensi dari negara Anggota ASEAN lainnya jika Timor Leste bergabung dengan organisasi kawasan Asia Tenggara itu.

Hal tersebut membuat ASEAN belum satu suara terhadap usulan keanggotaan negara yang menggunakan bahasa Tetun dan Portugis itu. 

“Memang ada mekanisme di ASEAN itu harus ada konsensus, nah ini yang belum terjadi. Karena itu, kita perlu merembukkan dari sisi pemerintahan, harus menjadi kesepakatan bahwa Timor Leste bisa diterima. Untuk itu perlu ada semacam lobi dan dialog untuk semua anggota ASEAN yang lain. Ini yang akan menjadi PR kita,” papar Fadli.

Selain itu, baik Indonesia maupun Timor Leste juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai forum diplomasi antarparlemen. Termasuk rencana pembentukan Asosiasi Parlemen Berbahasa Melayu dan berharap Parlemen Timor Leste dapat bergabung.

Adapun pembentukan asosiasi Parlemen Berbahasa Melayu ini dilakukan sebagai suatu langkah politik untuk memasyarakatkan penggunaan Bahasa Melayu dalam agenda pertemuan internasional.

 

Artikel Terkait