Timur Tengah Memanas, Kim Jong-un Tiba-tiba Mau Gunakan Nuklir

FT News – Peta politik dunia di kondisi tak menentu. Ancaman adanya Perang Dunia III bisa pecah di tengah situasi kawasan Timur Tengah yang memanas.

Saat ekslasi kawasan Timur Tengah yang memanas, pernyataan mengejutkan disampaikan oleh pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un.

Kantor berita milik pemerintah Korut, KCNA pada Jumat (4/10/2024) menyampaikan bahwa Kim Jong-un siap menggunakan senjata nuklir jika kedaulatan negaranya dilanggar.

(Foto: CBS News)

 

Kim Jong-un menyampaikan pernyataan bernada provokatif ini di tengah kunjungannya ke pangkalan pelatihan operasi khusus pada awal pekan ini.

Kim menegaskan tidak ada ancaman eksternal atau tindakan militer yang dapat mencabut kemampuan nuklir Pyongyang.

KCNA menyebut bahwa Kim ingin semua dunia tahu bahwa Korut adalah negara yang mempunya kekuatan absulot senjata nuklir tidak tergoyahkan.

Tak hanya itu, Kim mengatakan bahwa jika senjata nuklir telah ditembakkan maka keberuntungan untuk bisa bertahan hidup adalah tindakan sia-sia.

Serangan rudal Iran ke Israel. (Foto: Ist)

 

Kim pada awal pekan ini juga membuat situasi di Semenanjung Korea memanas karena mengkritik keras presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, dan menggambarkannya sebagai “orang abnormal” setelah pernyataan Yoon baru-baru ini terkait pencegahan militer terhadap Korea Utara.

Sementara itu, di kawasan Timur Tengah, militer Israel terus melanjutkan serangan kepada negara Lebanon. Pihak Israel memperingatkan kepada warga di 36 desa dan wilayah di Lebanon selatan agar segera mengungsi dan pindah ke utara Sungai Awali.

Peringatan itu disampaikan juru bicara tentara Israel, Avichay Adraee, melalui platform X, seiring meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon akibat konfrontasi yang sedang berlangsung antara tentara Israel dan kelompok Hizbullah, Lebanon.

Artikel Terkait