Tingkatkan Ketahanan Pangan, Menlu Retno Dorong Kerjasama dengan India

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengajak India untuk kuatkan kerjasama dengan negar ASEAN. Khususnya untuk tingkatkan ketahanan pangan.

Hal tersebut diungkapkan Menlu Retno saat pertemuan Menlu ASEAN dengan Menlu India di Jakarta (13/7).

“Peningkatan populasi ASEAN dan India bergantung pada ketahanan pangan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan lebih banyak upaya untuk memastikan ketersediaan, aksesibilitas, dan keterjangkauan pangan selama krisis,” ujar Menlu Retno, diberitakan Kemlu.

“Kerja sama tersebut perlu difokuskan untuk membangun rantai pasokan pangan yang berkelanjutan melalui perdagangan, dialog, dan kebijakan pemerintah yang transparan,” tambah Retno.

Indonesia juga mendorong kerjasama jangka panjang di bidang teknologi pertanian dan pusat penelitian untuk meningkatkan produksi pangan lokal dan menguntungkan petani skala kecil.

India akan mengusulkan Pernyataan Bersama Para Pemimpin ASEAN tentang Penguatan Kerjasama. Dalam Ketahanan Pangan selama Krisis untuk diadopsi pada KTT ASEAN-India mendatang.

Isu kedua yang diangkat Menlu Retno adalah perdamaian dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

Indonesia mengapresiasi dukungan India terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dan mengajak India untuk berpartisipasi. Dalam ASEAN Indo-Pacific Forum sebagai wadah dialog pemerintah-swasta untuk kerja sama yang konkrit.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik. India dan ASEAN dapat menjadi bagian dari upaya tersebut. Setiap kelompok minilateral harus mendukung upaya tersebut,” ujar Menlu Retno.

Artikel Terkait

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...