Tips Basic Skincare Bagi Pria, Bikin Penampilan Menarik

FTNews – Mendapatkan kulit wajah yang sehat tidak hanya diinginkan perempuan, tapi juga pria. Namun, sering kali pria tidak menerapkan perawatan dengan konsisten dan membuat hasilnya tidak maksimal. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu mengikuti tips basic skincare bagi pria.

Menetapkan jadwal perawatan bagi pria merupakan hal mudah, tapi tidak dengan menjalankannya secara konsisten. Padahal memiliki kulit wajah sehat membuat menampilkan lebih menarik dan menambah percaya diri. Berikut ini panduan praktis untuk menetapkan rutinitas basic skincare bagi pria.

Tentukan Jenis Kulit 

Menentukan jenis kulit berguna untuk menemukan produk yang cocok, agar masalah pada kulit wajah tidak timbul. Cara mengetahui jenis kulit sebagai berikut:

basic skincare bagi pria
Ilustrasi Kulit Kering. Menentukan jenis kulit berguna untuk memilih produk basic skincare bagi pria yang cocok. Foto: Freepik
  • Kulit berminyak tampak mengkilat, biasanya akibat terlalu banyak produksi sebum dari kelenjar di bawah permukaan.
  • Kulit kering tidak dapat menahan air sebanyak yang seharusnya dan tampak bersisik, bersisik, atau tidak merata.
  • Kulit kombinasi adalah campuran jenis kulit normal, kering, dan berminyak, seringkali dengan zona T kulit berminyak di dahi, hidung, dan dagu, serta pori-pori lebih besar dan terbuka.
  • Kulit sensitif mengalami penurunan toleransi terhadap lotion, krim, pembersih dan kosmetik.
  • Kulit yang menua kehilangan elastisitasnya, tampak lebih kasar atau tipis, dan sering kali terlihat kerutan serta warna yang tidak merata. 

Mencuci Wajah

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam basic skincare bagi pria adalah mencuci wajah sehari dua kali pada pagi dan malam hari. Mencuci wajah dapat mengangkat minyak dan kotoran dalam pori-pori. Carana: 

  • Basahi wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori;
  • Oleskan sabun ke seluruh permukaan wajah dan gosok wajah dengan lembut;
  • Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori;
  • Keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk dan jangan menggosoknya.
BACA JUGA:   Produk Ini Perlu Dihindari untuk Pemilik Kulit Wajah Berminyak
basic skincare bagi pria
Ilustrasi pria menggunakan moisturizer. Foto: Freepik

Gunakan Moisturizer

Moisturizer berguna untuk melembabkan kulit dan menjadi langkah kedua basic skincare bagi pria. Pelembab juga membantu mengatasi kulit kering karena ada kandungan minyak guna menyeimbangkan kelembaban kulit.

Dengan menggunakan pelembab wajah, maka kelembaban wajah terjaga sehingga kulit tidak memproduksi minyak berlebihan. Kondisi ini mampu menurunkan risiko munculnya jerawat pada wajah.

Gunakan Sunscreen

Menggunakan tabir surya menjadi tips terakhir basic skincare bagi pria. Fungsi tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tabir surya dengan SPF minimal 30 akan membantu melindungi kulitmu dari sinar UV.

Kamu juga perlu rajin menggunakan sunscreen sepanjang hari. Kamu perlu mengaplikasikan sunscreen setiap 2-3 jam sekali.

Artikel Terkait