Tolak Pinjaman IMF, Ribuan Warga Argentina Demo di Buenos Aires

Forumterkininews.id, Jakarta – Ribuan orang turun ke jalan-jalan di ibu kota Argentina Selasa, (9/2). Aksi ini dilakukan untuk memprotes kesepakatan utang pemerintah baru-baru ini dengan Dana Moneter Internasional (IMF).

Para pendemo berkumpul di Buenos Aires dan berbaris dari pusat kota ke Plaza de Mayo, di mana istana presiden berada. Meneriakkan slogan-slogan anti-IMF, para pengunjuk rasa menuntut pemerintah memutuskan hubungan dengan lembaga keuangan internasional yang bermarkas di Washington, D.C tersebut.

Pada 28 Januari, Argentina mengumumkan telah mencapai kesepakatan awal dengan IMF senilai $44,5 miliar sebagai bagian dari upaya untuk menstabilkan ekonominya. Tidak hanya itu, utang ini juga untuk membiayai kembali pinjaman yang ada dengan dana tersebut.

Oleh karena itu, negara tersebut berjanji untuk secara bertahap mengurangi defisit fiskal dan memotong pembiayaan bank sentral dari perbendaharaan sebagai bagian dari program ekonomi yang dibahas dengan IMF.

Aksi demo menentang IMF bukan kali pertama dilakukan masyarakat Argentinda. Pada tahun 2020, hal ini juga pernah dilakukan. Terakhir, aksi ini juga dilakukan pada Agustus 2021 lalu.

Salah seorang pendemo yang enggan menyebutkan Namanya mengatakan, menjalin hubungan dengan IMF akan berdampak buruk bagi Argentina. Karena menurutnya IMF bagaikan gurita. Negara yang sudah masuk dalam genggaman IMF tidak akan bisa keluar. Artinya nanti IMF bisa melakukan apa saja terhadap negara yang telah menikmati utang IMF.

Artikel Terkait