Turki Kirim Pesawat Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Lewat Mesir

Forumterkininews.id, Ankara- Turki mengirim pesawat dengan tim medis dan pasokan ke Mesir pada Minggu (22/10), membawa bantuan kemanusiaan untuk Gaza.

Melansir Reuters, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca menyebut pesawat berangkat dari Ankara ke Mesir. Termasuk di dalamnya membawa 20 dokter spesialis

“Pesawat kami lepas landas untuk membantu Gaza. Pesawat kepresidenan berisi obat-obatan dan perbekalan kesehatan. Membawa 20 dokter spesialis dan berangkat dari Ankara menuju Mesir,” kata Koca dalam postingannya di X.

Dalam postingannya, Koca juga mengatakan tim akan melakukan studi kelayakan rumah sakit.

“Tim kami akan menentukan obat-obatan, perlengkapan dan peralatan medis  untuk masyarakat Gaza. Kami juga akan melakukan studi kelayakan rumah sakit lapangan. Yang akan berdiri di Bandara El Arish Mesir dan Penyeberangan Perbatasan Rafah,” imbuhnya.

Rafah adalah jalur utama masuk dan keluar Jalur Gaza yang tidak dalam kendali  Israel. Yang mana mereka tidak akan mengizinkan bantuan masuk dari wilayahnya sampai Hamas membebaskan sandera

Koca juga mengatakan bahwa tiga pesawat kargo akan terbang ke Bandara El Arish membawa obat-obatan, perbekalan dan peralatan medis. Selain sebuah kapal yang membawa peralatan rumah sakit lapangan dan ambulans.

Artikel Terkait