Ukraina Butuh 1 Juta Dollar Amerika untuk Normalkan Jaringan Listrik

Forumterkininews.id, Kiev – Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal menyebut negaranya membutuhkan bantuan cepat senilai USD 1 miliar. Dana ini menurutnya untuk mengembalikan jaringan listrik dan sistem pemanas terpusat ke operasi normal.

Shmyhal mengatakan serangan udara Rusia dalam beberapa pekan terakhir telah merusak setengah dari fasilitas infrastruktur utama negara itu. Hal ini diungkapkan saat dirinya berpidato pada pertemuan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, Selasa (12/12).

“Pekerjaan restorasi, membutuhkan proses tiga tahap. Tetapi prioritas utama sekarang adalah tahap bertahan hidup – dengan cepat memulihkan infrastruktur penting dan sektor energi untuk melewati musim dingin,” kata Shmyhal dikutip Reuters.

“Perkiraan biaya bantuan mendesak untuk sektor listrik mencapai US$500 juta. Perkiraan biaya bantuan mendesak untuk sektor pemanas terpusat mencapai lebih dari US$500 juta.”tandasnya.

Seperti diketahui, Rusia telah meluncurkan serangan rudal dan drone ke fasilitas energi Ukraina dan situs lainnya hampir setiap minggu sejak Oktober. Serangan itu menyebabkan jutaan warga Ukraina berada dalam situasi gelap gulita tanpa listrik.

Artikel Terkait