Ukraina Kembali Dilanda Pemadaman Listrik Nasional

Forumterkininews.id, Kiev – Operator listrik negara Ukraina kembali mengumumkan pemadaman listrik, Sabtu, (5/11). Pemadaman listrik akan dilakukan di Ibu Kota Ukraina, Kiev dan tujuh wilayah lainnya di negara itu Kebijakan ini diumumkan setelah adanya serangan yang menghancurkan infrastruktur energi Rusia.

Melansir AP, langkah itu dilakukan ketika pasukan Rusia terus menggempur kota-kota dan desa-desa Ukraina dengan rudal dan pesawat tak berawak.

Gempuran ini menimbulkan kerusakan pada pembangkit listrik, pasokan air dan sasaran sipil lainnya, dalam perang yang hampir mencapai sembilan bulan.

Ukrenergo, satu-satunya operator saluran transmisi tegangan tinggi Ukraina, awalnya mengatakan pemadaman terjadwal akan berlangsung di ibu kota dan wilayah Kiev. Kemudian beberapa wilayah di sekitarnya seperti Chernihiv, Cherkasy, Zhytomyr, Sumy, Poltava dan Kharkiv.

Namun, kemudian pada hari itu, perusahaan merilis pembaruan yang mengatakan bahwa pemadaman terjadwal untuk jumlah jam tertentu tidak cukup.

Dan sebaliknya akan ada pemadaman darurat, yang dapat berlangsung dalam waktu yang tidak terbatas.

Diketahui, Ukraina telah bergulat dengan pemadaman listrik dan gangguan pasokan air sejak Rusia mulai melepaskan renteran serangan rudal bulan lalu.

Namun Rusia mengatakan mereka datang sebagai tanggapan atas tuduhan serangan Ukraina di Krimea. Dimana Krimea merupakan wilayah dicaplok Rusia secara ilegal pada 2014.

Artikel Terkait