Ukraina Klaim Rebut Kembali Kota Bakhmut

Forumterkininews.id, Bakhmut – Pertempuran di Kota Bakhmut berlangsung sengit. Ukraina mengklaim telah merebut kembali kekuasaan kota itu.

Pihak Kiev mengatakan pasukannya maju 2 km (1,2 mil) dalam seminggu. Sedangkan Rusia mengatakan pasukannya telah berkumpul kembali di satu daerah.

Klaim tersebut menandakan pergeseran momentum di Bakhmut – tetapi lebih luas lagi, tidak ada bukti yang jelas tentang serangan balik Ukraina.

Namun, dua ledakan dilaporkan pada hari Jumat di Luhansk yang diduduki Rusia.

Gambar yang diposting di media sosial, diverifikasi oleh BBC, menunjukkan kepulan asap hitam membubung dari kota, yang terletak sekitar 90 km (55,9 mil) di belakang garis depan di timur Ukraina.

Penyebabnya belum dikonfirmasi. Tetapi ledakan itu terjadi sehari setelah Inggris mengatakan telah memasok Ukraina dengan rudal jelajah Storm Shadow jarak jauh.

Luhansk berada di luar jangkauan roket Himars yang sebelumnya diandalkan Ukraina untuk serangan mendalam terhadap target Rusia.

Tetapi pejabat yang ditunjuk Rusia di wilayah tersebut mengatakan mereka mengira rudal buatan Ukraina bertanggung jawab, menghantam gedung administrasi dari dua perusahaan yang sudah tidak beroperasi.

Sebelumnya kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukan Rusia di salah satu wilayah Bakhmut telah mengubah posisi karena alasan strategis.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...