Ukraina Ultah, Rusia Kirim Kado Serangan Drone

Forumterkininews.id, Kiev- Rusia melancarkan serangan udara dua gelombang besar di Kiev, Sabtu (27/5) malam. Saat ibu kota Ukraina bersiap untuk merayakan ulang tahunnya pada hari ini.

“Sistem pertahanan udara Rusia menjatuhkan setidaknya 20 drone yang bergerak menuju Kiev. Menewaskan seorang pria berusia 41 tahun dan melukai seorang wanita berusia 35 tahun di kota itu,” kata Walikota Vitali Klitschko dikutip Reuters.

Sementara itu, seorang saksi  Reuters mengatakan bahwa selama peringatan serangan udara yang dimulai setelah tengah malam. Banyak orang berdiri di balkon mereka. Beberapa teriakan serangan diarahkan pada Presiden Rusia Vladimir Putin dan slogan “Glory to air defence”.

Serangan menjelang fajar terjadi pada hari Minggu terakhir bulan Mei. Ketika ibu kota merayakan Hari Kiev, peringatan pendirian resminya 1.541 tahun lalu.

Hari itu biasanya ditandai dengan pameran jalanan, konser langsung, dan pameran museum khusus – rencana yang telah dibuat tahun ini juga. Tetapi dalam skala yang lebih kecil.

“Sejarah Ukraina telah lama mengganggu orang Rusia yang tidak aman,” kata Andriy Yermak, kepala kantor Presiden Volodymyr Zelenskiy, di saluran Telegramnya.

 

 

Artikel Terkait