Uni Eropa Dorong Berlakunya Tes Covid-19 Bagi Turis China

Forumterkininews.id, Brussels- Uni Eropa sangat mendorong negara-negara anggotanya untuk memberlakukan  tes Covid-19 sebelum keberangkatan untuk semua penumpang yang terbang dari China.

Rekomendasi itu datang ketika China berencana untuk melonggarkan pembatasan perjalanan bagi penduduknya pada 8 Januari meskipun gelombang infeksi baru telah membanjiri rumah sakit dan rumah duka China.

Melansir Aljazeera, di antara negara-negara UE yakni Prancis, Italia, dan Spanyol telah mewajibkan para pelancong dari China untuk menunjukkan hasil tes negatif sebelum menaiki pesawat.

Tetapi Dewan Eropa berhenti menyetujui bahwa semua 27 negara anggota memberlakukan pembatasan tersebut setelah melakukan pembicaraan dengan para ahli kesehatan.

Sebaliknya, kepresidenan UE mengatakan negara-negara Eropa sangat dianjurkan untuk memperkenalkan persyaratan untuk tes COVID-19 negatif yang dilakukan tidak lebih dari 48 jam sebelum keberangkatan dari China.

Negara-negara anggota juga didorong untuk melakukan pengujian acak terhadap penumpang dan menguji air limbah dari pesawat yang datang dari China untuk memeriksa varian berbahaya yang tidak umum di Eropa.

Sejauh ini, Italia dan Prancis sudah menguji penumpang China pada saat kedatangan, sementara Austria mengatakan akan menguji air limbah dari semua penerbangan dari China mulai minggu depan.

Artikel Terkait