Uni Eropa Kecam Aturan Baru Taliban Soal Hak-hak Perempuan

Forumterkininews.id, Brussels- Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell  mengecam keras perintah pemerintahan  Taliban Afghanistan yang melarang perempuan bekerja di semua organisasi non-pemerintah (LSM) lokal dan asing.

Melansir Reuters, Borell mengatakan pada Minggu (25/12) bahwa kebijakan-kebijakan tak masuk akal itu berarti menghapus perempuan dari ruang publik.

Borrell juga mengaku terkejut dengan keputusan terbaru Taliban, yang mengikuti larangan minggu lalu bagi perempuan untuk menghadiri universitas, dan tindakan keras terhadap protes damai oleh perempuan terhadap langkah itu.

Baca Juga : Taliban Larang Perempuan Afghanistan Masuk Universitas

Dia mendesak Taliban untuk segera mencabut keputusan mereka, sebagai bagian dari kewajiban  untuk menghormati hukum kemanusiaan internasional dan prinsip-prinsip kemanusiaan.

“Bersama dengan penyedia bantuan lain untuk rakyat Afghanistan, UE harus mempertimbangkan apa konsekuensi keputusan ini, dan keputusan baru-baru ini oleh Taliban untuk menutup universitas bagi perempuan. Terhadap keterlibatan mereka dengan negara dan organisasi kita,” papar Borell dalam sebuah pernyataan.

Artikel Terkait