Update Banjir Seoul : Enam Masih Hilang, Akses Transportasi Lumpuh Total

Forumterkininews.id, Seoul – Curah hujan terberat dalam 80 tahun telah melanda Seoul, Korea Selatan dan wilayah sekitarnya. Insiden itu menyebabkan delapan orang tewas dan enam lainnya hilang, serta membanjiri rumah, memutus akses kendaraan dan stasiun kereta bawah tanah.

Melansir Yonhap, Selasa (9/8), kota pelabuhan barat Incheon dan Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi Seoul menerima hujan lebat lebih dari 100 milimeter per jam pada Senin (8/8) malam.

Administrasi Meteorologi Korea mengatakan hujan hingga 300 mm diperkirakan akan turun di wilayah ibu kota hingga Kamis, dengan Provinsi Gyeonggi selatan kemungkinan akan mengalami hujan melebihi 350 mm.

Hujan menyebabkan lima orang tewas dan empat lainnya hilang di Seoul. Sementara di Provinsi Gyeonggi, tiga orang tewas dan dua lainnya hilang pada Selasa pagi.

Hujan juga membuat banyak fasilitas umum tidak berfungsi, dengan delapan kasus rel kereta api yang banjir dilaporkan di Seoul, Incheon dan tempat lain, dan menyebabkan penangguhan sementara layanan di beberapa bagian  sejumlah jalur kereta api dan kereta bawah tanah, termasuk Jalur Kereta Bawah Tanah Seoul 4 dan Jalur Gyeongin.

Pihak berwenang dilaporkan telah menutup bagian dari beberapa jalan raya di Seoul pada Selasa pagi, termasuk jalan tol Olimpiade dan Dongbu.

Otoritas pemadam kebakaran hingga kini telah menyelamatkan 88 orang dari aliran banjir di Gyeonggi dan daerah lain.

Sementara itu, Kementerian dalam negeri meningkatkan tingkat pengawasan kerusakan banjir dari “waspada” menjadi “serius” pada Selasa dini hari.

Artikel Terkait