Update Gempa Turki: Korban Tewas Sentuh Angka 33.000

Forumterkininews.id, Antakya- Korban tewas akibat bencana gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah naik menjadi 33.000 pada Minggu, (12/2). Bahkan PBB memperingatkan bahwa jumlah akhir mungkin berlipat ganda.

Melansir AFP, pejabat dan petugas medis mengatakan 29.605 orang tewas di Turki dan 3.574 di Suriah dari gempa berkekuatan 7,8 skala Richter, sehingga total yang dikonfirmasi menjadi 33.179.

Puluhan ribu pekerja penyelamat maish terus melakukan pencarian guna mengevakuasi para korban yang diduga masih berada di bawah reruntuhan bangunan.

Badan bencana Turki mengatakan lebih dari 32.000 orang dari organisasi Turki bekerja dalam upaya pencarian dan penyelamatan. Ada juga 8.294 penyelamat internasional.

Masalah keamanan menyebabkan beberapa operasi bantuan ditangguhkan. Kemudian puluhan orang telah ditangkap karena menjarah atau mencoba menipu korban setelah gempa di Turki. Ini diungkapkan media pemerintah. Sejauh ini, WHO menyebut hampir 26 juta orang terkena dampak gempa bumi Turki dan Suriah.

 

Artikel Terkait