Usai Tsunami, Sinyal Ledakan Marabahaya Terdeteksi di Tonga

Forumterkininews.id, Tonga – Sinyal marabahaya terdeteksi di sebuah pulau dataran rendah Tonga setelah letusan gunung berapi dan tsunami melanda kawasan itu.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menyatakan keprihatinannya terhadap pulau, Mango dan Fonoi. Otoritas pengawasan penerbangan dua pulau tersebut mengkonfirmasi kerusakan properti “substansial,” dari letusan yang terjadi Sabtu lalu.

“Suar marabahaya terdeteksi dari Mangga,” kata OCHA dikutip Reuters, Selasa (18/1).

Badan tersebut mengatakan, kerusakan parah dilaporkan di pantai barat pulau utama Tonga, Tongatapu. Beberapa resor dan rumah hancur dan rusak parah, serta dua orang hilang.

Tidak ada rincian orang hilang yang dirilis, tetapi saudara laki-laki dari seorang wanita Inggris yang tersapu tsunami mengatakan bahwa tubuh saudara perempuannya telah ditemukan.

Tiga hari setelah letusan, informasi dari kepulauan Pasifik menjadi sangat sulit dengan sebagian besar hubungan komunikasi terputus.

OCHA mengatakan bahwa sementara masalah komunikasi berarti mereka tidak dapat sepenuhnya menilai dampak letusan dan tsunami, ada kekhawatiran tentang kontaminasi air minum dan tanaman, dan kebutuhan akan pasokan air yang aman.

Artikel Terkait