Usut Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK: Sudah 72 Saksi hingga Ahli Diperiksa

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim penyidik Subdit Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah memeriksa 72 saksi terkait kasus dugaan pemerasan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dugaan kasus terkait pemerasan ke mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan perkara tahun 2021.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan telah memeriksa 72 saksi.

“Ya benar (72 saksi). Jadi 67 orang saksi ditambah 5 orang ahli yang telah dilakukan pemeriksaan,” kata Ade Safri, kepada wartawan, pada Jumat (3/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, 67 saksi yang telah penyidik periksa di antaranya Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limp, Ketua KPK RI, Firli Bahuri.

Lalu Direktur Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat KPK, Tomi Murtomo, mantan Direktur Mesin Alat dan Pertanian (Alsintan), Kementan RI, M. Hatta. 

Kemudian Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, pegawai KPK RI, pegawai Kementan RI, Eks Ajudan Mentan RI, dan eks Ajudan Ketua KPK RI.

“Kemudian penyidik gabungan telah melakukan pemeriksaan terhadap ahli yang kita libatkan. Yakni pertama 3 orang ahli pidana. Kemudian satu ahli atau pakar mikro ekspresi, dan ahli hukum acara,” ucap Ade Safri.

Sementara itu ia mengungkapkan nantinya juga akan ada koordinasi kembali untuk pemeriksaan ahli hukum acara untuk membuat peristiwa semakin terang.

“Satu lagi tambahan ahli hukum acara kita libatkan lagi saat ini penyidik tengah melakukan koordinasi awal,” papar Ade Safri.

Sebelumnya, tim penyidik Direktorat Polda Metro Jaya masih mengumpulkan keterangan sejumlah saksi terkait dugaan pemerasan pimpinan KPK ke eks Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo.

Artikel Terkait