Waisak, 1.252 Narapidana Buddha Terima Remisi

Forumterkininews.id, Jakarta– Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan Remisi Khusus (RK) kepada 1.252 dari 1.988 narapidana Buddha di seluruh Indonesia. Pemberian RK ini bertepatan pada Hari Raya Waisak Tahun 2022 yang jatuh pada Senin (16/5).

Dari jumlah penerima RK Waisak tersebut, 1.245 narapidana menerima RK I atau pengurangan sebagian dengan rincian 116 narapidana menerima Remisi 15 hari, 768 narapidana mendapat Remisi 1 bulan. Kemudian 211 narapidana memperoleh Remisi 1 bulan 15 hari, dan 2 bulan Remisi untuk 150 narapidana. Selanjutnya, tujuh narapidana lainnya menerima RK II atau langsung bebas.

Remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Seperti telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F. Kemudian aktif mengikuti program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara.

Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Aprianti mengatakan, negara hadir memberikan perhatian dan penghargaan bagi narapidana untuk selalu berintegritas. Kemudian berkelakuan baik, dan tidak melakukan pelanggaran.

“Hal ini diwujudkan melalui pemberian Remisi. Diharapkan remisi ini dapat memotivasi narapidana untuk mencapai penyadaran diri,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan pemberian RK Waisak Tahun 2022 ini berhasil menghemat anggaran makan narapidana sebesar Rp.739.500.000,00 dengan rincian Rp.735.675.000,00 dari 1.245 narapidana penerima RK I dan Rp.3.825.000,00 dari tujuh narapidana penerima RK II.

Tahun ini, kata Rika Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumatra Utara menmberikan RK Waisak terbanyak kepada 265 narapidana. Disusul Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat sebanyak 200 narapidana. Kemudian, Kanwil Kemenkumham Banten 164 narapidana.

“Remisi diberikan bukan sekadar reward kepada narapidana yang berkelakuan baik. Melalui langkah ini, negara menghemat anggaran dengan berkurangnya masa pidana narapidana,” jelas Rika.

Artikel Terkait

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...