Wanita di Arab Berebut Daftar Jadi Masinis Kereta

Forumterkininews.id, Riyadh – Iklan lowongan pekerjaan yang mencari 30 pengemudi kereta dibanjiri pelamar wanita. Sedikitnya pihak perusahaan menerima lebih dari 28.000 lamaran. Banyaknya wanita yang melamar karena negara itu telah membuka lebih banyak peluang bagi wanita untuk berkarier.

Melansir SkyNews, Jumat (18/2), operator kereta api Spanyol Renfe merilis iklan tersebut bulan Desember setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah Arab Saudi. Namun, Renfe mengatakan penilaian online berupa sejauh mana skill dan kemampuan bahasa Inggris telah memangkas setengah dari total daftar pelamar.

Saat terpilih, 30 wanita akan menjalani masa pelatihan selama satu tahun. Selanjutnya para wanita ini akan mengendarai kereta api Haramin berkecepatan tinggi yang terkenal antara tempat suci Mekah dan Madinah.

Hingga baru-baru ini, peluang kerja bagi wanita Saudi jarang terjadi. Dengan sebagian besar hanya terbuka untuk profesi tertentu seperti guru dan perawat karena undang-undang pemisahan gender yang berlaku di negara itu.

Akan tetapi karena Arab Saudi berkomitmen untuk meningkatkan peluang bagi semua gender, jumlah perempuan yang bekerja di negara itu meningkat dua kali lipat dalam lima tahun terakhir menjadi 33%.

Hal itu terjadi usai Putra Mahkota Mohammed bin Salman memutuskan untuk mengubah undang-undang tersebut sebagai bagian dari upaya liberalisasi di seluruh negeri. Yang ia klaim akan membantu Saudi mengembangkan industri minyak mereka lebih jauh.

Artikel Terkait