Warga Sudan Antre Larikan Diri ke Mesir

Forumterkininews.id, Khartoum- Ratusan keluarga Sudan pada Rabu, (26/4) berkumpul di perbatasan dengan Mesir dan di kota pelabuhan di Laut Merah. Mereka  mati-matian berusaha melarikan diri dari kekerasan yang masih bergejolak di Sudan.

Melansir AP, sejumlah besar warga Iran juga  telah melakukan perjalanan sepanjang hari yang melelahkan melintasi padang pasir untuk mengakses titik-titik keluar negeri — ke kota Port Sudan di pantai Laut Merah timur dan ke penyeberangan Arqin ke Mesir di perbatasan utara.

Kerumunan warga Sudan dan orang asing juga menunggu di Port Sudan, mencoba mendaftar feri ke Arab Saudi.

Baca Juga : Deretan Negara yang Evakuasi Warganya dari Sudan

Dallia Abdelmoniem, seorang komentator politik Sudan, mengatakan dia dan keluarganya tiba Senin dan berusaha mendapatkan tempat. “Prioritas diberikan kepada warga negara asing,” katanya.

Dia dan beberapa keluarga besarnya, kebanyakan wanita dan anak-anak, menempuh perjalanan bus selama 26 jam untuk mencapai pelabuhan, di mana mereka melewati pos pemeriksaan militer dan desa kecil tempat orang-orang menawarkan jus kembang sepatu dingin dan air untuk pelancong Khartoum.

“Orang-orang ini memiliki sangat sedikit, tetapi mereka menawarkan sesuatu kepada setiap penumpang di semua bus dan truk ini untuk membuat perjalanan mereka lebih baik,” katanya.

Sementara itu, di ibu kota Khartoum, intensitas pertempuran mereda pada hari kedua gencatan senjata tiga hari.

Artikel Terkait