WHO Nyatakan Keadaan Darurat Infeksi Cacar Monyet

Forumterkininews.id, Washington- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan infeksi cacar monyet (monkeypox) yang telah menyasar hampir 17.000 orang di 74 negara, sebagai darurat kesehatan global.

“Saya memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan. Hal ini harus menjadi perhatian masyarakat internasional,” kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Sabtu (23/7) dikutip CNA. 

Dia mengatakan komite ahli yang bertemu pada hari Kamis (21/7) tidak dapat mencapai konsensus. Sehingga dialah yang memutuskan apakah akan memberi alarm peringatan virus itu setinggi mungkin.

Tedros mencatat, ketika dia mengadakan Komite Darurat WHO bulan lalu untuk menilai apakah wabah itu mewakili darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Pasalnya ada 3.040 kasus cacar monyet yang dilaporkan dari 47 negara.

“Sejak itu, wabah terus berkembang. Sekarang ada lebih dari 16.000 kasus yang dilaporkan dari 75 negara. Korban meninggal mencapai lima orang,” katanya.

WHO juga menilai risiko cacar monyet tergolong moderat secara global dan di semua wilayah. Kecuali di kawasan Eropa yang risikonya dianggap tinggi.

“Meskipun saya mendeklarasikan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Untuk saat ini wabah ini terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual,” tandas Tedros.

Sehingga kata Tedros, wabah tersebut  dapat dihentikan dengan strategi yang tepat di kelompok yang tepat.

Artikel Terkait