WHO Pastikan Penyebaran Omicron Lebih Cepat daripada Delta

Forumterkininews.id,  Jenewa– Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan varian Omicron virus corona menyebar lebih cepat daripada varian Delta. Hal ini menyebabkan infeksi pada orang yang sudah divaksin atau yang telah pulih dari Covid-19.

Kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan mengatakan, tidak bijaksana menyimpulkan  Omicron adalah varian yang lebih ringan dari yang sebelumnya.

“Dengan jumlah yang meningkat, semua sistem kesehatan berada di bawah tekanan,” kata Soumya Swaminathan dikutip Reuters, Selasa (21/12).

Menurutnya, varian ini berhasil menghindari beberapa respons imun. Artinya, program booster yang diluncurkan di banyak negara harus ditargetkan pada orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah.

“Sekarang ada bukti bahwa Omicron menyebar lebih cepat daripada varian Delta,” kata direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menambahkan.

Komentar keduanya menguatkan temuan studi oleh Imperial College London yang mengatakan pekan lalu risiko infeksi ulang lebih dari lima kali lebih tinggi dan tidak menunjukkan tanda-tanda lebih ringan daripada Delta.

Varian Omicron saat ini telah menyebar ke sejumlah negara. Dengan peningkatan kasus yang dilaporkan terus meningkat setiap harinya.

Artikel Terkait