WHO Prediksi Lebih Banyak Kematian Akibat Cacar Monyet

Forumterkininews.id, Milan –  Kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa memperkirakan lebih banyak kematian akan  timbul terkait cacar monyet.

“Dengan penyebaran cacar monyet yang terus berlanjut di Eropa, kami memperkirakan akan melihat lebih banyak kematian,” kata Catherine Smallwood, Pejabat Darurat Senior di WHO Eropa, dikutip CNA.

Smallwood menyebut bahwa tujuannya perlu menghentikan transmisi dengan cepat di Eropa dan menghentikan wabah ini. Namun, Smallwood menekankan bahwa dalam banyak kasus penyakit itu dapat sembuh sendiri tanpa perlu pengobatan.

“Pemberitahuan kematian akibat cacar monyet tidak mengubah penilaian kami tentang wabah di Eropa. Kami tahu bahwa meskipun sembuh sendiri dalam banyak kasus, cacar monyet dapat menyebabkan komplikasi parah,” tandasnya.

Menurut WHO, lebih dari 18.000 kasus telah terdeteksi di seluruh dunia di luar Afrika sejak awal Mei, dengan mayoritas kasus terjadi di Eropa.

Ketika kasus melonjak secara global, WHO meminta kelompok yang saat ini paling terpengaruh oleh virus yakni pria yang berhubungan seks dengan pria untuk membatasi pasangan seksual mereka. Tanda-tanda awal penyakit ini termasuk demam tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam seperti cacar air.

Penyakit ini biasanya sembuh dengan sendirinya setelah dua hingga tiga minggu, terkadang membutuhkan waktu satu bulan.

Artikel Terkait