WHO: Varian Omicron Lebih Menular daripada Delta

Forumterkininews.id, Washington- Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO)  menyebut varian virus corona Omicron lebih menular daripada strain Delta.

Bahkan dapat mengurangi kemanjuran vaksin. Tetapi varian ini tidak menyebabkan gejala yang terlalu parah seperi Delta.

“Bukti awal menunjukkan Omicron menyebabkan pengurangan kemampuan vaksin terhadap infeksi dan penularan,” kata WHO, Minggu (12/12) dikutip Reuters.

“Mengingat data yang tersedia saat ini, kemungkinan Omicron melampaui varian Delta di mana transmisi komunitas terjadi,” tambahnya.

Varian Delta pertama kali diidentifikasi di India awal tahun ini.

Tetapi penemuan Omicron di Afrika Selatan bulan lalu mendorong negara-negara di seluruh dunia untuk memberlakukan larangan perjalanan di negara-negara Afrika Selatan. Tidak hanya itu, beberapa negara juga kembali memberlakukan pembatasan domestik untuk memperlambat penyebarannya.

WHO mengatakan Omicron telah menyebar ke 63 negara pada 9 Desember. Penularan lebih cepat tercatat di Afrika Selatan, dan di Inggris, di mana Delta adalah strain yang dominan.

Tetapi menekankan bahwa kurangnya data berarti tidak dapat mengatakan apakah tingkat penularan Omicron adalah karena kurang rentan terhadap respon imun, transmisibilitas yang lebih tinggi atau kombinasi keduanya.

Artikel Terkait