Xi Jinping Bakal Bertemu Putin 20 Maret Mendatang

Forumterkininews.id, Beijing- Presiden China Xi Jinping akan berada di Rusia dari 20-22 Maret untuk kunjungan kenegaraan setelah dia diundang oleh Presiden Vladimir Putin, kata Kremlin pada Jumat (17/3).

Kunjungan itu dilakukan saat China menawarkan untuk menengahi perdamaian di Ukraina, sebuah upaya yang ditanggapi dengan skeptis di Barat mengingat dukungan diplomatik Beijing untuk Rusia.

“Selama pembicaraan, mereka akan membahas isu-isu topikal tentang pengembangan lebih lanjut hubungan kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis antara Rusia dan China,” kata Kremlin dikutip Reuters.

“Sejumlah dokumen bilateral penting akan ditandatangani,” tambahnya.

Diketahui, China dan Rusia mencapai kemitraan “tanpa batas” pada Februari 2022, ketika Putin mengunjungi Beijing untuk pembukaan Olimpiade Musim Dingin, beberapa minggu sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Kedua belah pihak sejak itu terus menegaskan kembali kekuatan ikatan mereka. Perdagangan antara kedua negara melonjak sejak invasi, dan China adalah pembeli minyak terbesar Rusia, sumber pendapatan utama Moskow.

Artikel Terkait