Zeelensky Tuntut Rusia untuk Kembalikan Krimea ke Ukraina

Forumterkininews.id, Krimea – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menegaskan perang harus diakhiri. Selain itu, dia juga menegaskan kepada Rusia untuk mengembalikan Krimea ke Ukraina.

Dia berbicara hanya beberapa jam setelah serangkaian ledakan menghantam pangkalan udara Rusia di sana, menewaskan satu orang.

Zelensky tidak menyebutkan ledakan itu tetapi mencurahkan pidato malamnya ke semenanjung itu, dengan mengatakan: “Krimea adalah milik Ukraina dan kami tidak akan pernah menyerah.”

Rusia telah mengecilkan ledakan itu, dan seorang penasihat utama Ukraina membantah bahwa bertanggung jawab atas terjadinya ledakan tersebut.

Krimea secara resmi merupakan bagian dari Ukraina, tetapi dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014 setelah referendum yang oleh masyarakat internasional dianggap tidak sah. Banyak orang Ukraina melihat ini sebagai awal perang mereka dengan Rusia.

Pada hari Selasa, serangkaian ledakan mengguncang pangkalan militer Saky dekat Novofedorivka, di barat Krimea – yang dekat dengan resor tepi laut yang populer di kalangan turis Rusia.

Rekaman di media sosial menunjukkan pengunjung pantai berlarian saat ledakan terjadi, dengan saksi mata mengatakan mereka telah mendengar setidaknya 12 ledakan. Departemen kesehatan Krimea yang ditunjuk Rusia mengatakan satu warga sipil tewas dan delapan lainnya terluka.

Sementara itu, Kementerian pertahanan Rusia bersikeras bahwa ledakan itu disebabkan oleh amunisi yang meledak di sebuah toko – meskipun ini belum diverifikasi secara independen.

Artikel Terkait