Zelenskyy Bilang Rusia Tembaki Kota dengan Kebiadaban Binatang

Forumterkininews.id, Kiev- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menulis dalam sebuah postingan Telegram bahwa Rusia telah meningkatkan serangan rudal dan pesawat tak berawaknya terhadap Ukraina pada Rabu, (22/3).  Membunuh siswa dan warga sipil lainnya.

“Rusia sedang menembaki kota dengan kebiadaban binatang,” kata Zelenskyy dalam postingannya dikutip IndianExpress.

Zelenskyy juga menyertakan video yang menunjukkan  rudal Rusia yang menyerang sebuah gedung apartemen berlantai sembilan di jalan yang sibuk di tenggara kota Zaporizhzhia.

Di tempat lain, pasukan Rusia juga disebut meluncurkan drone yang meledak sebelum fajar, menewaskan tujuh orang dekat asrama mahasiswa dekat Kiev.

Media Ukraina menunjukkan apartemen hangus dan api mengepul di beberapa lantai bangunan. Dua anak termasuk di antara yang terluka, kata Sekretaris Dewan Kota Zaporizhzhia Anatolii Kurtiev. Ia juga menambahkan bahwa 25 orang membutuhkan perawatan rumah sakit, dengan tiga dalam kondisi kritis.

Sementara itu, pejabat Rusia menyalahkan pertahanan udara Ukraina atas beberapa serangan paling mematikan di apartemen, dengan mengatakan pengerahan sistem pertahanan udara di daerah pemukiman membahayakan warga sipil.

Rusia juga disebut mengklaim bahwa Ukraina menyembunyikan peralatan dan personel militer di gedung-gedung sipil.

Perang, yang dimulai Rusia pada 24 Februari 2022 itu telah berkembang dalam dua arah utama yakni  garis depan terutama di Ukraina timur, berpusat di sekitar kota Bakhmut, dan serangan rudal dan pesawat tak berawak Rusia secara berkala di seluruh negeri.

 

Artikel Terkait