5 Tradisi Unik Sambut Hari Masuk Sekolah di Dunia!

FTNews – Tidak terasa, anak-anak sekolahan sudah harus kembali ke bangku sekolahannya. Banyak anak-anak yang menyambut antusias kembalinya mereka dalam kegiatan pembelajaran.

Namun, mungkin beberapa dari siswa-siswi tersebut tidak antusias dalam menyambut hal tersebut. Oleh karena itu, terdapat beberapa tradisi unik untuk menyambut hari pertama masuk sekolah.

India

Praveshanolsavam. Foto: Omnamorama

Di India, terdapat sebuah upacara penyambutan siswa baru yang bernamakan Praveshanolsavam. Upacara ini merupakan sebuah pawai yang mengajak seluruh siswa barunya untuk mengelilingi lingkungan sekolah dengan iringan musik.

Iringan musik tersebut juga menampilkan chendamelan, yaitu alat musik perkusi asal India. Yang mana, dimainkan oleh kakak kelas laki-laki.

China

Para siswa melakukan kowtow di depan orang tua dan guru. Foto: Global Times China

Di Kota Nanjing, China, terdapat sebuah tradisi unik untuk menyambut hari pertama siswa masuk ke sekolah. Pertama, mereka akan mendengarkan sambutan dan pidato dari kepala sekolah dan membaca janji siswa.

Lalu, mereka akan dibawa ke sebuah kuil. Pihak sekolah akan memberikan titik merah pada bagian dahi siswa-siswinya yang melambangkan arti dari kebijaksanaan. 

Mereka juga akan melakukan tradisi Qi Meng (pencerahan). Setelah itu, mereka akan kembali ke sekolah dan melakukan kowtow atau sujud di depan orang tua dan guru.

Jepang

Ilustrasi randoseru. Foto: Randoseru

Di Negeri Sakura ini, memiliki tradisi unik dalam menyambut hari pertama masuk. Mereka memulai hari tersebut pada tanggal 1 April, yaitu tanggal yang menandakan musim semi. Di mana, bunga-bunga sakura mulai bermekaran. Lalu, pihak sekolah akan memberikan anak-anak tersebut bunga sakura yang melambangkan harapan bangsa. 

Setelah itu, mereka juga akan melakukan pemotongan pita di pintu sekolah atau nyuugakushiki. Anak-anak diberikan hadiah-hadiah dari kerabat yang berupa randoseru atau tas kotak.

Selandia Baru


Negara ini merupakan salah satu negara yang kaya dengan tradisinya. Untuk menyambut hari pertama sekolah, para siswa akan disambut dengan tradisi Powhiri, salah satu upacara adat dari Suku Maori.

BACA JUGA:   Mudik Lebaran: Ini Rincian Tarif Tol Jakarta-Surabaya

Di mana, guru-guru akan meneriakan panggilan selamat datang dan melanjutkannya dengan tarian oleh kakak kelasnya. Tarian-tarian tersebut untuk meningkatkan semangat dari siswa-siswi dengan tepukan tangan, hentakan kaki, dan gerakan-gerakan yang bersemangat.

Jerman

Ilustrasi Schultüte. Foto: Canva

Schultüte adalah bingkisan yang berbentuk menyerupai kerucut. Hal ini merupakan tradisi unik dari sekolah yang bernama Einschulung.

Bingkisan tersebut bertujuan sebagai pengingat bahwa bersekolah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Di mana, isi dari bingkisan tersebut mulai dari permen, cokelat, dan berbagai macam hadiah lainnya.

Artikel Terkait