AHY Resmi Jabat Menteri ATR/BPN Gantikan Hadi Tjahjanto

FTNews- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu (21/2).

AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang secara bersamaan dilantik sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Ham (Menkopolhukam).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 dan ditetapkan tanggal 20 Februari 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung prosesi pelantikan AHY dan Hadi di Istana Negara.

“Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpahnya menurut agama Islam,”tanya Jokowi membuka sesi pelantikan.

“Bersedia,”jawab AHY dan Hadi bersamaan.

(Tangkapan Layar Setkab)

Jokowi kemudian membacakan sumpah pelantikan yang diikuti AHY dan Hadi.

“Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi dharma bhakti saya kepada bangsa dan negara,”ujar Jokowi membacakan sumpah.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab,”lanjutanya.

Usai membaca sumpah, AHY dan Hadi kemudian menandatangani berita acara pelantikan sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju.

 

Artikel Terkait