Bantu Para Penumpang di Stasiun Surabaya saat Mudik, Pramuka dan Komunitas Pencinta Kereta Api Terjun Langsung
Nasional

Guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2025, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya melibatkan ratusan relawan dari komunitas pencinta kereta api (Railfans) dan anggota Pramuka.
Para relawan ini bertugas di delapan stasiun utama, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Surabaya Kota, Wonokromo, Sidoarjo, Bangil, Malang, dan Mojokerto.
Relawan yang berpartisipasi berasal dari empat komunitas Railfans, yaitu Sahabat Kereta, Sipuong, Java Train, dan Malangraya 444, serta anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Surabaya .
Baca Juga: Korlantas: Puncak Kepadatan Arus Lalu-lintas Terjadi 23 Desember
Mereka bekerja sama dengan jajaran KAI serta personel TNI/Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban selama periode Angkutan Lebaran.
Setiap hari, delapan anggota Railfans dan delapan anggota Pramuka ditempatkan di masing-masing stasiun untuk memberikan informasi perjalanan, membantu penumpang di area stasiun, serta memastikan kelancaran arus penumpang.
Mereka juga membantu memberikan panduan terkait jadwal perjalanan, aturan penggunaan kereta api, dan lokasi keberangkatan yang sesuai dengan tiket pelanggan.
Baca Juga: Mudik Gratis, Polda Metro Jaya Lepas Puluhan Bus di Gelora Bung Karno
Partisipasi para relawan berlangsung selama periode posko Angkutan Lebaran 2025, yang dimulai sejak 24 Maret hingga 8 April 2025.
Kehadiran mereka diharapkan dapat mempermudah pelanggan serta meningkatkan kenyamanan selama perjalanan mudik.
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengapresiasi semangat dan keikhlasan para relawan yang meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu pelanggan.
“Kami sangat mengapresiasi semangat dan keikhlasan para relawan yang meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu penumpang. Partisipasi mereka menunjukkan bahwa transportasi massal dapat berjalan lebih optimal dengan adanya sinergi dari berbagai elemen masyarakat,” ungkap Luqman Arif, Kamis (3/4).
Partisipasi mereka menunjukkan bahwa transportasi massal dapat berjalan lebih optimal dengan adanya sinergi dari berbagai elemen masyarakat.
“Kolaborasi antara KAI dengan komunitas Railfans dan Pramuka merupakan bentuk nyata sinergi positif dalam menciptakan kelancaran dan kenyamanan perjalanan pelanggan. Dedikasi mereka sangat membantu dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan, sehingga perjalanan menjadi lebih tertata dan menyenangkan,” ujar Luqman Arif.
Dengan keterlibatan berbagai pihak, KAI Daop 8 Surabaya optimistis Angkutan Lebaran 2025 dapat berjalan lebih lancar, aman, dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi seluruh penumpang.