BYOND BSI Gangguan, Bikin Saham Bank Anjlok 7 Persen?
Ekonomi Bisnis

BYOND BSI gangguan dikeluhkan nasabah karena berlangsung sejak Minggu 1 Juni 2025. Selain membuat kecewa nasabah, saham bank juga anjlok pada hari ini.
Lantas, benarkah saham BSI anjlok terkait adanya gangguan BYOND BSI yang dikeluhkan nasabah karena kualitas pelayanan yang semakin menurun?
Belum ada penjelasan resmi dari manajemen BSI terkait hal tersebut. Diketahui, saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI/BRIS) anjlok sekitar 7% di awal pekan ini, turun ke level sekitar Rp 2.790–2.800 per saham.
Baca Juga: Aplikasi BYOND BSI Gangguan, Publik: Berjam-jam Gak Bisa Transaksi
Penurunan ini diduga dipicu oleh dua faktor utama, pertama isu bahwa BSI akan lepas dari induk usahanya, PT Bank Mandiri Tbk, dan langsung berada di bawah naungan BPI Danantara, yang membuat investor asing melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 7,61 miliar.
Dan juga gangguan layanan perbankan digital BYOND by BSI yang mengalami pemeliharaan sistem sejak 1 Juni 2025, menyebabkan ketidaknyamanan nasabah dan menimbulkan kekhawatiran investor.
Meski demikian, jika dilihat sejak awal tahun, harga saham BSI masih tercatat menguat sekitar 2,2%
Baca Juga: Ini Profil Anggoro Eko Cahyo, Dirut BSI yang Baru!
Pelayanan Bank Syariah Indonesia (BSI) membuat nasabah kecewa berat, pasalnya hingga 2 hari aplikasi digital BYOND BSI gangguan dan tidak bisa diakses.
Kecewanya Nasabah BYOND BSI Gangguan
Ilustrasi BSI. [Dok BSI]
BYOND BSI gangguan membuat nasabah tidak bisa melalukan transaksi keuangan. Nasabah yang resah lalu menggeruduk akun media sosial (medsos) mulai dari platform X dan instagram.
Dilihat FT News dari akun Instagram BSI, Senin 2 Juni 2025 tampak ratusan warganet menyampaikan keluhan atas BYOND BSI gangguan dan tak bisa diakses.
"Ya Allah kak, masa 2 hari nggak bisa buka BYOND?" heran warganet.
Ada juga warganet yang heran karena pelayanan BSI semakin hari bukan semakin baik, malah semakin menurun.
"Dulu gercep banget suruh pindah ke BYOND, tahunya error terus, tidak ada peningkatan, kalau ditanya pasti lagi ada peningkatan layanan, apanya yang meningkat? Menurun," kesal warganet.
Nasabah BSI Pindah ke Bank Lain
Tangkapan layar keluhan nasabah BSI. [X]
Bahkan, ada juga nasabah BSI yang terpaksa pindah ke bank lain karena BYOND BSI gangguan terus.
"Gue udah buka rekening lain, males pakai BSI down melulu," ungkapnya,
Diketahui, aplikasi BYOND BSI gangguan dan menyulitkan nasabah sejak 1 Juni 2025. Gangguan diduga akibat proses peningkatan kualitas layanan yang sedang dilakukan oleh manajemen BSI.
Akibat gangguan ini, transaksi melalui aplikasi BYOND tidak dapat dilakukan dengan lancar dan banyak nasabah mengeluh tidak bisa mengakses atau melakukan transaksi.
Atas ramainya warganet yang menggeruduk BSI, pemilik akun lalu menyampaikan permohonan maaf.
"Assalamualaikum Kak, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini BYOND by BSI sedang dilakukan peningkatan kualitas layanan. Sehingga untuk sementara waktu Kakak tidak dapat melakukan transaksi, namun Kakak masih dapat menggunakan layanan mesin ATM BSI atau BSI Mobile yang Kakak miliki untuk melakukan transaksi," katanya.