Catat! Siang Ini Tujuh Daerah di Banten Bakal Diguyur Hujan

FTNews – Hujan dengan intensitas ringan pada Jumat (26/1) siang bakal mengguyur tujuh daerah yang ada di Banten. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, hujan yang terjadi pada siang hari itu juga akan terjadi pada keesokan harinya, Sabtu (27/1).

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana mengatakan tujuh daerah tersebut meliputi Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

“Untuk Kota Cilegon cerah berawan pada siang hari dengan suhu 24-34 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 55-95 persen,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa cuaca di Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 24-34 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 55-95 persen.

Untuk pergerakan angin, Tatang menjelaskan terjadi dari arah barat laut dengan kecepatan 5 hingga 30 kilometer per jam.

Selain itu, ia mengemukakan ada peluang terjadinya cuaca buruk pada sore hari. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten dan Selat Sunda bagian selatan, karena tinggi gelombang di perairan itu berkisar 1,25 -2,50 meter.

Sedangkan untuk penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung) relatif normal dan aman, karena tinggi gelombang Selat Sunda bagian utara mencapai 1,25 meter (sedang).

Kemudian peringatan dini waspada diinformasikan kepada kapal yang melintasi perairan Banten tersebut agar menghindari kecelakaan laut, terlebih tinggi gelombang 4 meter menerjang selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian selatan.

Artikel Terkait

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Beberkan Empat Fokus APBD 2025

FTNews, Serang--- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan,...

Rizki Juniansyah Sumbang Emas untuk Banten dan Pecahkan Sejumlah Rekor Nasional

FTNews---  Lifter nasional asal Provinsi Banten, Rizki Juniansyah, berhasil...

Penyerapan Pajak Kota Tangerang Meningkat Drastis PBB-P2 97,3% dan BPHTB 105,8%

FTNews--- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mencatatkan tren positif...