Dentuman di Jakarta Pusat, Polisi: Paspampres Sedang Latihan Ketangkasan

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi menyebut suara dentuman yang terdengar oleh warga di sekitar Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat berasal dari pelatihan ketangkasan gladi Paspampres.

Kapolsek Gambir, Kompol Binsar Sianturi, mengatakan suara ini berasal dari pasukan pengamanan presiden (Paspampres) yang sedang latihan.

“Iya dentuman itu sedang pelatihan ketangkasan gladi Paspampres besok. Jadi sekarang sedang latihan,” kata Binsar, saat diminta keterangan, Jumat (6/1).

Sementara itu ia tidak dapat menjelaskan secara detail terkait berapa lama waktu latihan tersebut.

“(Lama latihan) nanti saya cari tahu. Yang jelas itu latihan ketangkasan Paspampres,” ujar Binsar.

Namun saat ini ia memastikan bahwa pelatihan tersebut telah selesai.

“(Latihan sudah selesai?) Sudah. Aman terkendali, bukan dari bom,” kata Binsar.

Sebelumnya terdengar suara dentuman di daerah Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat (6/1) sekitar pukul 09.39 WIB. Namun belum diketahui sumber suara dentuman tersebut. Suara tersebut terdengar hingga ke Jalan Tanah Abang III, juga jalan Petojo Selatan yang bersebelahan dengan Kantor Walikota Jakarta Pusat.

Beberapa awak media yang biasa melakukan peliputan di Kantor Walikota Jakarta Pusat juga mendengar dentuman tersebut. Christian Dior Silitonga, kontributor salah satu media online nasional mengatakan, jika mendengar bunyi dentuman memang dari Paspampres yang bersebelahan dengan kantor walikota.

Menurutnya tiap sore dua kali dalam satu minggu kerap terdengar suara letusan senjata api laras panjang dari dalam kawasan Paspampres. “Iya memang ada suara dentuman, tapi sepertinya latihan, karena hal tersebut kerap terdengar,” ujar Alumnus UKI ini.

Artikel Terkait