DPR Minta Pemerintah Pastikan Sinyal 4G Jangkau Seluruh Desa

Forumterkininews.id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah meminta komitmen pemerintah agar sinyal 4G dapat menjangkau seluruh desa.

Hal itu diungkapkannya ketika melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Kementerian Kominikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam RDP di Gedung DPR, Rizki menjelaskan hal itu sudah selayaknya dilakukan lantaran itu adalah hak primer masyarakat.

Untuk mendapatkan kualitas jaringan yang baik dalam hal komunikasi dan informasi guna mendukung upaya transformasi digital.

“Dengan tren anggaran seperti ini kira-kira akan tercapai kapan itu desa seluruhnya bisa 4G?,” tanya Rizki, Rabu (21/9).

“Karena ini sudah jadi hak primer masyarakat kita. Seakan-akan pemerintah tidak menganggap ini sebagai suatu yang urgen dan tidak sesuai sebenarnya dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meminta Kemenkominfo untuk melakukan percepatan penyediaan layanan internet di 12.500 desa atau kelurahan serta di titik-titik layanan publik.

Melalui akselerasi transformasi digital itu, diharapkan memiliki dampak positif bagi penyelenggaraan pemerintahan serta mewujudkan pelayanan publik yang efisien dan cepat. Terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

Sementara itu, sesuai dengan surat Menteri Kominfo kepada Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, kebutuhan anggaran Kemenkominfo tahun anggaran 2023 adalah sebesar Rp40.551.453.740.

Anggaran itu diperuntukkan antara lain dalam rangka percepatan transformasi digital nasional.

Yang mana, dibutuhkan dukungan pembiayaan yang optimal untuk menyelesaikan target-target sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...