DPR Setujui Tiga Naturalisasi Indonesia, PSSI Percepat Target

FTNews – Komisi X DPR RI menyetujui permohonan pengajuan tiga calon pemain naturalisasi Indonesia, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes.

Dalam persetujuan tersebut Kemenpora RI dan PSSI hadir dalam rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/3).

Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian memimpin jalannya rapat tersebut, dan menyepakati hasil dari permohonan naturalisasi kepada ketiganya.

Untuk penetapan kewarganegaraan ketiganya akan instansi terkait menetapkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Thom Haye. (Foto:Instagram/Thom)

Perlu diketahui juga bahwa pengajuan tersebut sudah mereka lakukan sejak awal Febuari 2024 lalu. Namun karena DPR RI sedang masa resesi hingga Senin (4/3) lalu membuat tertundanya proses naturalisasi ini.

Berdasarkan ketiganya sudah mendapatkan persetujuan, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ingin mempercepat target naturalisasi.

Hal tersebut karena mengingat Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

Marten Paes. (Foto:Instagram/paes)

Pertandingan yang akan berlangsung pada Kamis (21/3) dan Selasa (26/3) tersebut membutuhkan pemain dengan potensi yang sangat besar.

Namun, hadirnya ketiga pemain tersebut hanya memiliki peluang yang sangat kecil. Mengingat bahwa penyerahan nama-nama pemain ajang kualifikasi itu terakhir pada, Rabu (13/3).

Selain itu juga mereka harus mendapatkan Keputusan Presiden (Keppres) terdahulu untuk melanjutkannya kepada tahap pengambilan ucap sumpah.

Dan juga mereka masih memiliki agenda dengan klub asal mereka dalam waktu dekat. Dari hal itu, sangat memungkinkan ketiganya bermain pada laga selanjutnya di bulan Juni mendatang.

Pada ajang tersebut Indonesia akan menghadapi Irak pada Kamis (6/6) mendatang dan Filipina pada Selasa (11/6).

Artikel Terkait