Drone Liar Tak Boleh Mengudara saat KTT AIS Forum di Bali

Forumterkininews.id, Badung – Pemerintah Provinsi Bali mengimbau masyarakat tidak menerbangkan pesawat nirawak (drone) selama persiapan maupun penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum.

KTT AIS Forum ini akan berlangsung 10-11 Oktober 2023 di Bali. KTT ini merupakan event internasional negara pulau dan kepulauan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, imbauan dan larangan itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama KTT berlangsung.

“Soal keamanan penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023, Polri sudah menggelar Operasi Tribrata Agung 2023. Nah aturan imbauan larangan menerbangkan drone ada dalam operasi itu,” katanya dalam keterangan tertulisnya di Badung, Selasa (10/10).

Menurutnya antisipasi dan mitigasi keamanan dalam operasi yang Polri lakukan ini untuk mengantisipasi berbagai gangguan.

Potensi gangguan ini antara lain konflik sosial, terorisme, kejahatan senjata api, bahan peledak, bom hingga drone yang tidak terdaftar. Imbauan tidak menerbangkan drone ini terutama di area sekitar venue Nusa Dua.

KTT AIS Forum mengusung tema “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama”. Pertemuan akan membahas isu-isu global berkaitan dengan kelautan.

Indonesia dalam KTT AIS Forum 2023 mendorong dan akan fokus dalam tiga aspek yakni pembangunan ekonomi baru. Lalu tantangan perubahan iklim dan mempererat solidaritas antarnegara pulau dan kepulauan.

Artikel Terkait