Dua Orang Meninggal Akibat Angin Puting Beliung Terjang Deli Serdang

FTNews — Dua orang meninggal dunia akibat angin puting beliung yang menerjang Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Kejadian ini juga berdampak pada 80 jiwa lainnya. Satu orang mengalami luka berat.

Dilansir BNPB, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (20/6/2024) pukul 22.30 WIB  melanda 13 desa di lima kecamatan. Kecamatan terdampak antara lain lima desa di Kecamatan Hamparan Perak,  satu desa di Kecamatan Lubuk Pakam, dua desa di Kecamatan Batang Kuis, satu desa di Kecamatan Sunggal dan empat desa di Kecamatan Pantai Labu.

Terjangan angin puting beliung menyebabkan enam unit rumah rusak ringan, sembilan unit rumah rusak sedang, dan lima unit rumah rusak berat. Akibat kerusakan rumah ini, sebanyak 24 jiwa dari delapan kepala keluarga memilih mengungsi untuk sementara waktu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang melakukan upaya tanggap darurat dengan melaksanakan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna penanganan dampak angin puting beliung ini. Sementara itu, para warga juga bergotong royong untuk memperbaiki rumah-rumah yang terdampak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi risiko bencana hidrometeorologi basah seperti curah hujan ekstrem, banjir, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

Melansir peringatan dini BMKG, pada Sabtu (22/6/2024) wilayah lereng barat Sumatra Utara berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, sedangkan pada Minggu (23/6) terdapat potensi hujan lebat di wilayah lereng timur dan pegunungan Sumatra Utara.***

Artikel Terkait