Elektabilitas Kian Moncer, Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran?

FTNews – Elektabilitas paslon capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka kian merekot jauh. Mereka unggul dari dua rivalnya yakni paslon nomor urut 01 Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo- Mahfud MD.

Prabowo-Gibran kian menarik perhatian publik pasca mengikuti dua kali debat capres-cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Penampilan apik keduanya dinilai menjadi magnet kuat untuk terus menarik dukungan publik.

Survei Polling Institute menyebut, peningkatan dukungan publik terhadap Prabowo meningkat signifikan dari 77,3 persen menjadi 81,9 persen setelah debat.

“Bukan cuma tren dukungan Prabowo yang meningkat. Tingkat kedisukaan publik terhadap Gibran juga meningkat. Semula 69,6 persen menjadi 75,3 persen,” ujar peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dalam paparan hasil survei secara virtual, Rabu (3/1).

Tingginya dukungan publik untuk Gibran usai debat cawapres, kata Polling Institute dipengaruhi oleh sejumlah hal. Antara lain seperti program kerja, menjawab pertanyaan, juga menguasai persoalan.

“Gibran dianggap paling mumpuni ketimbang kandidat lain. Dia juga  dinilai paling positif dari publik yang menonton debat calon wakil presiden kemarin,” papar Kennedy.

Survei Polling Institute sendiri berlangsung dalam rentang 26 sampai 28 Desember 2023. Survei ini melibatkan 1.246 responden. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Optimis Satu Putaran

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku optimistis Prabowo-Gibran menang satu putaran di Pilpres 2024.

Kaesang menyebut, pernyataanya mengacu pada sejumlah hasil survei nasional menjelang hari pencoblosan Februari Pilpres 2024.

“Kalau saya lihat survei 40-an persen kan, swing voter-nya juga masih tinggi. Jadi saya rasa, ya balik lagi harus kerja keras mengenalkan Prabowo-Gibran supaya satu putaran. Yang ingin saya gaungkan adalah coblos Gibran, satu putaran, itu satu. Sama yang ikut Jokowi pilih PSI,” tutur Kaesang dalam keterangannya, Selasa (2/1).

BACA JUGA:   Pemilu 2024 Harus Berintegritas, Jangan Ada Ruang Bagi Kecurangan

Setali tiga uang, Wakil Komandan Golf TKN, Haryara Tambunan pun semakin yakin bahwa paslon nomor urut 02 akan memenangkan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Hasil survei ini bukti bahwasannya rakyat Indonesia itu cerdas dalam memilih siapa pemimpin yang dapat membangun negera ke depannya dengan kerja nyata dan tanpa banyak retorikanya,” ujar Haryara dalam keterangannya, Rabu (3/1).

Dengan capaian hasil survei yang melejit, ia mengaku motivasinya juga semakin tinggi untuk memastikan Prabowo-Gibran dapat menang satu putaran.

“Segala kemungkinan bisa saja terjadi, apalagi pilpres satu putaran. Karena dengan hasil ini membuat semangat kami semakin terlecut untuk memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran pada Pilpres 2024 nanti, tentunya dengan suasana yang aman, damai dan kondusif,”pungkasnya.

Artikel Terkait

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Gaji KPPS Pilkada Turun dari Pilpres, KPU Ungkap Alasannya

FTNews - Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 akan terjadi...

Ahmad Dhani: Menang Pileg Bukan Karena Pendukung Jokowi

FT News – Musisi Ahmad Dhani membagikan cerita di...