Empat Jebolan Piala Dunia U-17 yang Kariernya Mentereng

Forumterkininews.id, Jakarta – Piala Dunia U-17 di Indonesia empat hari lagi bergulir. Empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya menjadi tempat bertanding 24 tim peserta yang terbagi dalam 6 grup.

Ajang perebutan juara dunia sepakbola kelompok umur ini akan kick off pada 10 November 2023. Tim tuan rumah Indonesia akan membuka laga sepakbola dunia dua tahunan FIFA ini melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur.

Piala Dunia U-17 pastinya beda dengan Piala Dunia pada umumnya yang mempertemukan tim-tim nasional senior terbaik dari masing-masing zona. Para pemain yang terlibat dalam Piala Dunia U-17 adalah talenta-telanta muda yang belum punya nama mentereng dalam jagat sepakbola dunia.

Dari ajang inilah kelak akan muncul nama-nama besar yang bakal menghiasi persaingan sepakbola global; entah siapa dari mana asal negaranya kita semua masih belum tahu.

Yang pasti, sudah banyak pemain sepakbola terkenal dunia dari berbagai negara yang lahir dari arena Piala Dunia U-17 ini.

Siapa saja mereka? Berikut di antaranya.

Toni Kroos (Jerman/Real Madrid)

Toni Kroos (foto: X/@tonikroos)

Kroos menjadi salah satu pilar tim Jerman pada Piala Dunia U-17 tahun 2007  yang berlangsung di Korea Selatan. Pemain kelahiran 4 Januari 1990 itu menjadi satu-satunya pemain dari skuad Heiko Heirlich yang paling bersinar hingga kini.

Jerman memang tidak tampil sebagai juara setelah berada di peringkat ketiga. Namun, penampilan memukau Kroos sepanjang turnamen menempatkannya sebagai penerima sepatu emas alias pemain terbaik. Kroos sendiri mencetak 5 gol pada Piala Dunia U-17 2007 ini. Kroos berkiprah bersama Real Madrid di Liga Spanyol sejak 2014 setelah dibeli dari Bayern Muenchen.

Neymar (Brasil/Al-Hilal)

Bintang Brasil, Neymar Jr. (Foto: Instagram/neymarjr)

Brasil memang gagal berbuat banyak pada Piala Dunia U-17/2009 di Nigeria. Tapi, penampilan Neymar mencuri perhatian tersendiri. Bakatnya yang luar biasa, seperti kebanyakan pemain-pemain Brasil lainnya, membuat Neymar cepat bersinar. Di Nigeria penyerang kelahiran, 5 Februari 1992 itu memang hanya mencetak satu gol. Namun, siapa yang menduga kalau kemudian Neymar muncul sebagai pemain yang sangat terkenal saat ini.

BACA JUGA:   Grup G Piala Dunia Qatar 2022

Son Heung-min (Korsel/Tottenham Hotspur)

Pemain Tottenham Hotspur melakukan selebrasi gol yang dicetak Son Heung-min. (Foto: Twitter/@SpursOfficial)

Jika dari Brasil muncul Neymar, maka dari ajang Piala Dunia U-17/2009 lahir pula pemain hebat dari Asia, tepatnya Korea Selatan yakni Son Heung-min. Son berperan besar membawa Korsel menembus babak perempat final. Sayangnya Korsel gagal melewati hadangan tuan rumah Nigeria. Sepanjang turnamen ini Son mencetak tiga gol. Setelah itu, nama Son semakin berkibar. Pemain kelahiran 8 Juli 1992 ini sukses meniti kariernya bersama Hamburg dan kini di Tottenham Hotspur.

Phil Foden (Inggris/Manchester City)

Phil Foden/Manchester City. (foto: twitter/@mancity)

Kecemerlangan Phil Foden membantu menginspirasi Inggris meraih gelar juara di India pada gelaran Piala Dunia U-17/2017 di India. Pemain ajaib, itulah julukan Foden yang kini meroket bersama Manchester City. Ia mencetak dua gol dalam kemenangan Inggris atas Spanyol 5-2 di babak final. Keberhasilan Inggris meraih juara dunia semakin lengkap dengan terpilihnya Foden  sebagai pemain terbaik.

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...

Viral Plafon Venue Menembak PON XXI Ambruk, Menpora: Akibat Cuaca Buruk

FT News - Kebobrokan kembali muncul dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga...

Anggaran Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Mencapai 3,94 triliun

FT News - Anggaran penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024...

Viral Atap Venue PON Cabor Menembak Ambruk, Warganet: Udah Gak Beres Ini!!

FT News - Video peristiwa ambruknya bangunan venue cabang...