Facebook Hapus Fitur Pengenalan Wajah

Forumterkininews.id, Jakarta- Facebook telah mengumumkan tidak akan lagi menggunakan perangkat lunak pengenalan wajah untuk mengidentifikasi wajah dalam foto dan video.

Melansir BBC, Rabu (3/11), Facebook mengatakan ada kekhawatiran yang berkembang tentang etika teknologi pengenalan wajah, dengan pertanyaan yang diajukan tentang privasi, bias rasial, dan akurasi.

Hingga saat ini, pengguna aplikasi media sosial dapat memilih fitur yang akan memindai wajah mereka dalam gambar dan memberi tahu mereka jika orang lain di platform telah memposting foto mereka.

Facebook, yang selain menjalankan jaringan media sosial terbesar di dunia juga memiliki Instagram dan layanan pesan Whatsapp, mendapat tekanan yang semakin besar dari regulator dan politisi.

“Di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung ini, kami percaya bahwa membatasi penggunaan pengenalan wajah pada serangkaian kasus penggunaan yang sempit adalah tepat.”ujar salah satu petinggi Facebook, Jerome Pesenti dalam postingan blog Facebook.

Kebijakan baru tersebut akan menghapus ‘templat pengenalan wajah’ dari penggunanya yang kini mencapai 1 milyar lebih.

Penghapusan sistem itu juga akan berlangsung bagi semua pengguna Facebook di seluruh dunia. Dan diperkirakan akan selesai pada Desember mend atang.

 

 

Artikel Terkait