Otomotif

GEGER! Si Penghancur Dominasi Datang, Suzuki SV-7GX 2026 Tampil Gagah, Teknologi Canggihnya Bikin Lawan Panik

05 November 2025 | 17:42 WIB
GEGER! Si Penghancur Dominasi Datang, Suzuki SV-7GX 2026 Tampil Gagah, Teknologi Canggihnya Bikin Lawan Panik
V-twin 645cc

Suzuki siap mencuri perhatian di ajang EICMA 2025 dengan memperkenalkan motor sport-touring terbarunya, Suzuki SV-7GX. Motor ini hadir menambah jajaran kelas menengah Suzuki dengan tampilan yang gagah dan teknologi modern.

rb-1

Motor ini tetap mempertahankan karakter mesin legendaris V-twin 645cc yang telah digunakan pada model SV650 dan V-Strom 650XT. Kini, mesin tersebut hadir dalam versi terbaru yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5+.

Baca Juga: Gegap Gempita 25 Tahun, Yamaha Luncurkan TMAX 560 Black Max Edition, Skutik Premium Khusus Kolektor

rb-3

Suzuki SV-7GX masih mengandalkan mesin V-twin 645cc berpendingin cairan, yang dikenal tangguh dan memiliki performa yang halus. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 73,4 hp dan torsi 64 Nm. Suzuki juga membekalinya dengan sistem throttle ride-by-wire, yang membuat respons gas menjadi lebih halus dan efisien.

Fitur Canggih: Mesin Legendaris V-Twin dengan Sentuhan Teknologi Modern

Tak hanya itu, SV-7GX dilengkapi dengan tiga mode berkendara dan kontrol traksi tiga tingkat yang dapat diatur sesuai kondisi jalan atau gaya berkendara. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah quickshifter dua arah, yang memungkinkan pengendara mengganti gigi naik atau turun tanpa perlu menarik kopling.

Untuk urusan kenyamanan, Suzuki memasang garpu depan teleskopik 41 mm dengan travel 125 mm dan monoshock belakang yang dapat diatur preload-nya. Kombinasi ini menawarkan keseimbangan antara kenyamanan dan stabilitas, baik saat melaju di perkotaan maupun di jalur touring.

Suzuki Terbaru Dengan Tampilan GaharSuzuki Terbaru Dengan Tampilan Gahar

Kenyamanan Jarak Jauh: Desain Aerodinamis dan Konektivitas Maksimal

Motor ini menggunakan velg alloy 17 inci yang dibalut ban Pirelli Angel GT II, berukuran 120/70-ZR17 di depan dan 160/60-ZR17 di belakang. Sistem pengeremannya terdiri dari cakram ganda 290 mm di depan dan cakram tunggal 240 mm di belakang.

Bobot kosongnya 211 kg, dengan tinggi jok 795 mm, membuat motor ini terasa ramah bagi pengendara dengan postur sedang. Suzuki juga mendesain setang lebih dekat ke pengendara, menciptakan posisi berkendara yang santai namun tetap mendukung gaya sporty.

Dari segi tampilan, SV-7GX mengadopsi bahasa desain GSX-S1000GX, dengan bodi aerodinamis dan lampu LED penuh. Di bagian depan terdapat kaca windshield yang dapat diatur hingga tiga posisi (maksimum 50 mm) dan pelindung tangan (handguard) untuk menambah kesan touring.

12070 Zr17 Di Depan Dan 16060 Zr112070 Zr17 Di Depan Dan 16060 Zr1

Motor ini juga dibekali layar TFT 4,2 inci dengan konektivitas smartphone melalui aplikasi Suzuki Ride Connect+, yang bisa menampilkan navigasi, notifikasi pesan, dan status kendaraan. Tangki 17,4 liter miliknya diklaim mampu menempuh jarak lebih dari 400 km.

Suzuki SV-7GX dilaporkan mulai tersedia di pasar Eropa pada pertengahan 2026 dan digadang-gadang sebagai pesaing kuat Yamaha Tracer 7 dan Kawasaki Versys 650. Belum ada informasi resmi soal harga, namun Suzuki menjanjikan motor ini hadir dengan tiga pilihan warna serta berbagai aksesori touring seperti top box dan side pannier.

Tag SuzukiSV7GX MotorTouring EICMA2025 MotorSportTouring SuzukiIndonesia YamahaTracer7 KawasakiVersys650

Terkait