Gempa M4,1 Guncang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

FTNews — Gempa bumi berkekuatan M4,1 menghantan Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis (25/7/2024), pukul 17.36 WIB. Dilaporkan, episenter terletak pada koordinat 6.98 LS dan 108.5 BT, tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 5 kilometer dengan jarak satu kilometer tenggara Kabupaten Kuningan.

Berdasarkan laporan yang diterima BNPB, sebanyak dua Desa dan dua Kelurahan di tiga Kecamatan terdampak, adapun lokasi terdampak berada di Kelurahan Ciporang dan Kelurahan Purwawiangun di Kecamatan Kuningan, Desa Kertawirama di Kecamatan Nusaherang, dan Desa Jagara di Kecamatan Darma.

Gempa bumi dirasakan cukup kuat selama 3 – 5 detik, warga sempat panik dan langsung keluar rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun tercatat sebanyak sembilan unit rumah, dan satu fasilitas ibadah rusak ringan.

Dilaporkan kondisi kembali kondusif dan berdasarkan hasil koordinasi dari PVMBG dan BMKG gempa ini tidak berpengaruh dan mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Ceremai. Sampai saat ini penyebab gempa belum bsa dijustifikasi sehingga perlu penelitian lebih lanjut.

BPBD Kabupaten Kuningan melakukan koordinasi dan monitoring dan terus melaporkan perkembangan pasca gempa serta menghimbau warga agar tetap tenang, siaga dan waspada serta tidak termakan pada isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.***

Artikel Terkait

BNPB Minta Masyarakat dan Pemda tak Berlebihan Menyikapi Isu Megathrust

FTNews, Pangandaran--- Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional ...

Berharap DPD RI Dukung Bandara Husein Kembali Melayani Penerbangan Internasional

FTNews-- Keinginan Pemkot Bandung agar Bandara Husein Sastranegara direaktivasi ...