Indonesia Vs Singapura, STY: Setiap Laga adalah Final!

Forumterkininews.id, Singapura – Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menganggap pertandingan semifinal pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura, Rabu (22/12) malam ini di Stadion Nasional, Singapura, sebagai partai final yang harus dimenangkan. Karenanya mentalitas menjadi hal yang penting bagi para pemain Indonesia dalam menjalani duel ini.

“Untuk dua pertandingan pertama kami ingin meningkatkan tingkat kebugaran dan kohesi (keterikatan) kami, dan sejak saat itu kami seperti telah memainkan serangkaian laga final,” kata Shin Tae-yong (STY) dalam keterangan persnya, seperti dikutip dari laman resmi affsuzukicup2020, Selasa (21/12).

Ditegaskan oleh pelatih asal Korea Selatan ini, mentalitas menjadi sangat penting bagi para pemain Indonesia pada setiap laga yang dimainkan, dan mendekati duel semifinal maka pertandingan ini seolah merupakan final.

“Itulah mentalitas yang harus kami miliki pada setiap pertandingan ke depan. Saya sudah memberi tahu tim bahwa kami akan mendekati pertandingan ini seolah-olah ini pertandingan final,” lanjut mantan pemain timnas Korsel ini.

STY mengingatkan bahwa Singapura harus menjadi perhatian Indonesia karena tim tuan rumah itu kemungkinan bakal menjadi lawan berat “Merah Putih”. Dia juga menyampaikan, Indonesia belum dapat menurunkan penyerang barunya, Egy Maulana, karena baru tiba di Singapura dan perlu recovery setelah menempuh perjalanan panjang dari Eropa.

“Saya berharap dia (Egy) sudah bisa diturunkan pada pertandingan berikutnya,” STY menambahkan.

Lebih lanjut STY menyatakan, sebagai tim tuan rumah Singapura memiliki keunggulan. Tim yang diarsiteki pelatih asal Jepang Tatsuma Yoshida itu dinilai memiliki kualitas baik dalam menyerang maupun bertahan. “Fokus sepanjang pertandingan, itulah yang harus dijaga oleh tim kami,” kata STY.

“Kami harus siap menghadapi siapa pun lawan kami. Kami tahu apa yang harus dilakukan karena saya yakin Indonesia akan terus bermain agresif seperti yang telah mereka perlihatkan sepanjang turnamen ini,” kata Yoshida menanggapi duel semifinal lawan Indonesia.

BACA JUGA:   Deklarasi Ganjar Presiden, Ratusan Pemuda di Jambi Minta SMK Gratis

Menjelang semifinal pertama ini Singapura harus kehilangan dua pemain utamanya, bek Shakir Hamzah dan striker Gabriel Quak, akibat cedera yang dialami.

Kendati demikian, Yoshida menegaskan, timnya sudah siap mengatasi situasi tersebut. “Kami memiliki cara bermain yang kami yakini. Kami harus mempercayai konsep yang akan kami terapkan dan mencoba mengalahkan tim lawan,” katanya.

Singapura sendiri pernah menggagalkan ambisi Indonesia pada final Piala AFF 2004. Ketika itu Indonesia yang dimotori Kurniawan Dwi Julianto menyerah 1-3 di Jakarta dan 1-2 di Malaysia. Sedangkan pertemuan terakhir kedua tim di Piala AFF berlangsung pada 2018 di fase grup. Indonesia yang kala itu dimotori Evan Dimas menyerah 0-1 dari Singapura pada laga pembuka Grup B di Stadion Nasional, Singapura.

Duel semifinal Piala AFF 2020 akan berlangsung dua kali, yakni hari ini (22/12) dan Sabtu (25/12). Selain Indonesia melawan Singapura, semifinal lainnya juga akan berlangsung antara Thailand (juara Grup A) melawan Vietnam (runner-up Grup B). Kedua tim baru akan bermain Kamis (23/12).

 

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...