Ini Lima Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Forumterkininews.id, Jakarta – Sakit pada bagian bawah perut tanda datang bulan alias menstruasi merupakan hal paling menyiksa. Hal ini hampir dirasakan semua perempuan secara periodik setiap bulan.

Meringkuk di pojok tempat tidur biasanya menjadi pilihan tepat kamu untuk menahan rasa sakit tersebut. Dalam artikel ini, Forumterkininews.id merangkum lima cara mengatasi kram perut saat menstruasi. Simak sampai selesai, yuk!

Pakai heating pad

Untuk meredakan kram menstruasi dengan cepat, kamu bisa menggunakan heating pad (bantal pemanas). Caranya, letakkan heating pad di perut bagian bawah yang terasa sakit. Panas yang dikeluarkan bantalannya dapat membantu otot-otot perut yang terasa kram menjadi lebih rileks.

Pijat area perut dengan minyak essence

Sebuah penelitian menunjukkan jika memijat perut dengan minyak essence dapat meredakan kram perut secara signifikan. Dalam hal ini, kamu perlu memilih minyak essence yang tepat. Salah satunya adalah lavender yang memberikan efek menenangkan, dan tentunya mudah ditemukan.

Workout

Jika selama siklus menstruasi kamu selalu mengalami kram, maka kamu perlu melakukan latihan workout secara teratur. Meskipun memakai setelan olahraga mungkin bukan ide yang menarik saat kamu merasa kram, olahraga bisa menjadi pilihan ampuh untuk mengantisipasi dalam meredakan nyeri haid sebelum terjadi.

Olahraga bukan berarti kamu bergabung dengan gym, kamu juga bisa berolahraga ringan di rumah seperti pemanasan ringan sebelum senam.

Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh memengaruhi sakit dan tidaknya saat kamu menstruasi. Seperti kafein, daging, gula, dan garam. Makanan tersebut ternyata menjadi faktor kuat yang membuat perut kram. Oleh karena itu, kurangilah mengkonsumsi 4 kandungan di atas pada makanan untuk mengurangi rasa kram.

BACA JUGA:   Kemenkes Ajak Anak Muda Kendalikan Penyakit Berbahaya

Obat pereda nyeri saat menstruasi

Ada banyak cara untuk mengatasi kram menstruasi, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri haid. Obat kram ini biasanya berbentuk pil dengan dosis yang sudah dibatasi, misal 1 pil dalam satu hari.

Saat ini obat pereda nyeri menstruasi dijual bebas di apotek bahkan di warung-warung, jadi kamu akan mudah membelinya, ingat bahwa minum obat pereda nyeri ini hanya dijadikan sebagai opsi terakhir.

 

Artikel Terkait