Kenali Diet Vegan, Diet Tanpa Konsumsi Asupan Hewani

Forumterkininews.id, Jakarta – Diet merupakan suatu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, untuk melakukan suatu diet perlu pengawasan dari ahli gizi, dan tidak bisa sembarangan.

Berbagai macam jenis diet pun kian beragam saat ini. Mulai dari diet rendah karbohidrat, intermitten fasting, diet vegan, diet ketogenik, dan lainnya. Nah, tahu gak sih apa itu diet vegan dan apa manfaatnya?

Diet vegan adalah pola makan yang tidak mengonsumsi makanan yang bersumber dari hewani seperti vegetarian. Namun, vegan dan vegetarian dua hal yang berbeda.

Menurut laman authoritynutrition.com, diet vegan atau diet dengan buah dan sayuran bertujuan untuk menurunkan body mass indexs (BMIs) atau berat badan secara umum.

Diet ini sudah semakin populer di dunia Barat dan di kalangan milenial. Mengutip penelitian dari Science Direct, beberapa rujukan penelitian telah menunjukkan efek menguntungjan dari pola makan vegan terhadap kesehatan manusia.  Karena konsumsi harian yang lebih tinggi dari buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian sereal, kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian menunjukkan individu yang melakukan diet vegan memiliki perilaku gaya hidup yang lebih sehat dari pada individu yang mengikuti berbagai jenis diet.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Clinival Nutrition pada tahun 2013 membuktikan bahwa diet vegan efektif dalam menurunkan berat badan. Mereka yang mengadopsi diet vegan selama 18 minggu mengalami penurunan berat badan hingga 4,2 kg.

1. Kaya akan serat

Diet vegan berfokus pada mengonsumsi buah dan sayur, di mana buah dan sayur memiliki serat yang banyak. Serat dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan yang berserat membantu seseorang untuk merasa kenyang dalam jangka yang lebih warna. Studi membuktikan bahwa mereka yang menjalankan diet vegan dengan serat yang tinggi setidaknya 14 gram per hari, secara alami menurunkan kadar kalori 10%.

BACA JUGA:   Tiga Periode, Periode Ketiga

2. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Diet vegan juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Serta terbukti menjaga kesehatan kardiovaskular, dan kesehatan pembuluh darah arteri.

Karena sayuran dan buah dengan lebih banyak mengandung antioksidan flavonoid yang membersihkan pembuluh darah, nitrit oksida yang dapat melancarkan peredaran darah.

3. Rendah kalori

Diet vegan rendah kalori, di mana kalori yang diasup lebih rendah dari kebutuhan tubuh seseorang. Dengan diet vegan di mana yang dikonsumsi hanya sayur dan buah atau sumber nabati yang berkalori rendah, sehingga kemungkina dapat berhasil menurunkan berat badan sangat besar.

4. Mengendalikan pola makan tidak sehat

Diet vegan membantu mengendalikan pola makan yang tidak sehat. Kebanyakan dari makanan hewani disajikan dalam bentuk olahan seperti nugget dan sosis, sehingga memiliki efek samping yang besar. Makanan hewani yang diolah mengandung kalori yang sangat besar dan juga mengandung kadar bahan aditif yang tinggi.

Namun, masih sedikit yang tahu terkait dampak negatif terhadap kesehatan karena kurangnya nutrisi akibat diet vegan.

Diet vegan meskipun diakui menjadi diet yang aman dan sehat, namun bukan berarti tanpa risiko. Karena sejumlah nutrisi yang berasal dari hewani tidak bisa digantikan dengan nutrisi dari asupan nabati.

Banyak dari mereka yang mengadopsi diet vegan secara tidak bijak sehingga menyebabkan difesiensi vitamin B12, kalsium, lemak sehat omega 3, yodium, zink, dan zat besi.

Hal ini menimbulkan risiko penyakit hipertiroid, anemia, depresi, serta pengeroposan tulang bahkan dapat menyebabkan penyakit pada mata dan jantung.

Nah, kalau kalian,  ada yang sudah pernah coba untuk diet vegan?

Artikel Terkait