Keputusan Wasit Kontroversial di PON Kembali Terjadi dalam Cabor Tinju

FT News – Indonesia baru saja dikejutkan dengan insiden peninjuan wasit oleh pemain Sulawesi Tengah (Sulteng) kontra Aceh dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga (cabor) Sepakbola Putra di Stadion Dumurthala, Banda Aceh, Sabtu (14/9).

Peninjuan tersebut diduga terjadi karena adanya keputusan-keputusan kontroversial sang wasit yang terlihat “menguntungkan” sang tuan rumah, Aceh. Di mana membuat pemain Sulteng naik pitam.

Kini, keputusan-keputusan kontroversial juga terjadi di dalam pertandingan tinju putra kelas 75-80 kg di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Sabtu (14/9).

Dalam pertandingan ini, Joshua Juan Harianja asal Sumatera Utara melawan Rusdianto Suku asal Lampung.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukan keputusan wasit yang kontroversial.

Saat itu, Rusdianto berhasil memukul kepala Joshua dengan telak hingga terjatuh di ronde ketiga. Dari hal tersebut, sang wasit yang memimpin pertandingan melakukan tindakan yang kontroversial.

Namun, wasit sempat menghitung dan berhenti. Lalu, ia meminta Joshua untuk kembali ke sudutnya untuk memperbaiki sarung tinjunya tanpa hitungan lebih lanjut. Wasit memutuskan Joshua untuk tetap bertanding.

Lalu, Rusdianto kembali melayangkan long hook kanan keras ke wajah Joshua yang membuatnya tersungkur tetapi berhasil memeluk Rusdianto. Masih belum sepenuhnya berdiri tegap, namun wasit tetap tidak memberikan hitungan untuk atlet asal Sumut ini.

Atlet Sumut sedang mengambil pelindung gigi yang terjatuh di tengah pertandingan. Foto: Tangkapan layar X

Malahan, pelindung gigi milik Joshua terjatuh dari mulutnya sehingga terlihat seolah-olah ingin mengulur waktu untuk mengembalikan kondisinya. Padahal, tindakan mengeluarkan pelindung gigi ini dilarang keras dalam aturan tinju.

Pada akhirnya, Joshua dapat melanjutkan pertandingan hingga selesai.

Akan tetapi, hasil akhir yang sangat mengejutkan pun juga datang dari para juri. Mereka memberikan kemenangan pertandingan ini untuk atlet tuan rumah, Joshua, dengan skor 10-9, 10-9, dan 10-9 dalam tiga ronde.

BACA JUGA:   Asian Games 2022: Indonesia Tertahan di Posisi Delapan

 

Artikel Terkait